Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL DAN KUNCI ASAJ MAPEL PAI TAHUN 2025 SMP KURMER

 I. Pilihlah salah satu jawaban dengan memberi tanda silang (X) pada a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!

 

1. Perhatikan Al Qur’an surah An Nisa’: 4/59 berikut!

 

Pada kalimat yang bergaris bawah, bacaan alif lam Syamsiyah terdapat pada kalimat nomor ….

A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 4 dan 5

2. Perhatikan penggalan ayat al-Qur’an surat al-Anbiya’: 21/30 berikut!

 

Arti yang sesuai untuk penggalan ayat di atas adalah ….

A. dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup menjadi air

B. dan Kami jadikan semua air menjadi sesuatu yang hidup

C. dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air

D. dan Kami jadikan segala sesuatu yang berair menjadi hidup

3. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Kerusakan alam dan lingkungan selalu terjadi dari waktu ke waktu

2) Manusia dapat memanfaatkan alam sebagai sumber kehidupan

3) Manusia merupakan pelaku kerusakan alam

4) Allah menciptakan alam sebagai rizki untuk manusia

5) Pernyataan di atas yang terdapat pada QS. Ar-Rum:30/41 terdapat pada nomor ….

A. 1 dan 4

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 1 dan 3

4. Perhatikan potongan ayat berikut!

 l Lafal yang bergaris bawah pada kutipan ayat tersebut jika dikaitkan dengan cara membaca al-qur’an yang benar adalah….

A. Dibaca idgham bi ghunnah karena terdapat tanwin bertemu huruf alif

B. Dibaca idgham bila ghunnah karena terdapat tanwin bertemu huruf alif

C. Dibaca iqlab ghunnah karena terdapat tanwin bertemu huruf hamzah

D. Dibaca izhar karena terdapat tanwin bertemu huruf hamzah

5. Perhatikan nama-nama ilmuwan berikut!

1) Maliki 5) An-Nasa’i

2) Muslim 6) Tirmidzi

3) Al-Ghazali 7) Abu Dawud

4) Bukhari 8) Ibnu Majah

Yang termasuk enam ilmuwan ahli hadis (Kutubus Sittah) ditunjukkan oleh nomor …

A. 1, 2, 3 dan 4 C. 4, 5, 6 dan 7

B. 2, 3, 4 dan 5 D. 3, 6, 7 dan 8

6. Perhatikan teks ayat berikut!

 

Setiap ayat dan surat dalam Al-Qur’an memiliki kandungan makna yang dapat dipetik hikmahnya oleh manusia, sehingga menjadi pendorong untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Berdasarkan potongan ayat dari surat Al Mujadilah ayat 11 di atas, ada dua golongan yang akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Golongan tersebut adalah …

A. orang yang sabar dan bertawakal

B. orang yang bertakwa dan sabar

C. orang yang beriman dan bertakwa

D. orang yang beriman dan berilmu

7. Ketika membaca Al-Qur’an menjumpai tanda waqaf saktah (ســكته),

maka tanda tersebut menunjukkan...

A. harus berhenti

B. berhenti lebih utama

C. lebih utama terus

D. berhenti sejenak tanpa mengambil nafas

8. Perhatikan Q.S. Al-Baqarah ayat 30 berikut ini:

 

Dalam ayat di atas, Allah menjelaskan bahwa manusia diberi kelebihan berupa akal dan ilmu untuk mengelola bumi dengan bijaksana. Bagaimana dampak dari perilaku manusia yang tidak menggunakan akal dan ilmu untuk menjaga alam?

A. Tidak ada dampak yang signifikan

B. Kehidupan alam akan tetap berjalan normal

C. Lingkungan akan semakin rusak dan mengancam kehidupan makhluk hidup

D. Munculnya lebih banyak sumber daya alam

9. Perhatikan Q.S. Al-Qasas ayat 77 berikut ini:

 

Yang dimaksud dengan keseimbangan antara dunia dan akhirat dalam ayat ini adalah …

A. Menjauhi segala urusan dunia

B. Mengejar kebahagiaan akhirat dan meninggalkan urusan dunia

C. Menjaga keseimbangan antara memenuhi hak dunia dan beramal untuk akhirat

D. Fokus hanya pada kebahagiaan dunia saja

10. Rasulullah SAW. mengajarkan pentingnya kasih sayang untuk menjaga persatuan. Bagaimana cara mempraktikkan kasih sayang terhadap alam untuk mendukung tugas sebagai Khalifatullah fil ard?

A. Membuang sampah sembarangan

B. Menanam pohon dan merawat lingkungan

C. Membiarkan hewan terlantar

D. Menebang pohon tanpa perhitungan

11. Kita harus mau mendengarkan orang lain yang sedang berbicara, terlebih jika yang sedang berbicara adalah guru atau kedua orang tua kita. Perilaku tersebut adalah salah satu contoh penerapan mengimani al asmaul husna …

A. as-Sami’ B. al-Bashir C. al-‘Alim D. al-Khabir

12. Negara Indonesia beriklim tropis. Ada musim yang terjadi, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Pada bulan Februari terjadi musim penghujan, petani mulai mengolah sawah dan kebunnya. Sebagai tanda keberkahan atas turunnya hujan, tanaman tumbuh subur. Pergantian musim penghujan dan kemarau itu diatur oleh Allah. Sedangkan malaikat yang bertugas mengatur turunnya hujan adalah malaikat ….

A. Mikail B. Isrofil C. Jibril D. Malik

13. Perhatikan table berikut ini!

Nama Kitab Allah

Bahasa

1

Taurat

A

Ibrani

2

Zabur

B

Suryani

3

Injil

C

Qibti

4

Al-Qur’an

D

Arab

Pasangan kitab Allah dan bahasanya yang tepat adalah ….

A. 1-C, 2-A, 3-B, 4-D

B. 1-A, 2-C, 3-B, 4-D

C. 1-B, 2-C, 3-A, 4-D

D. 1-B, 2-A, 3-C, 4-D

14. Mu’jizat yang diberikan kepada para rasul ada dua sifat, yaitu  mu’jizat yang berupa material, inderawi dan lokal, serta mu’jizat yang bersifat non materi, logis dan dapat dibuktikan sepanjang masa. Rasul penerima mu’jizat juga berbeda, ada yang menerima keduanya, ada pula yang hanya menerima salah satunya.. Jika dipilah keduanya, maka yang termasuk mu’jizat yang bersifat non  material, logis dan  dapat dibuktikan sepanjang masa adalah….

A. Bahtera besar yang dibuat Nabi Nuh a.s.

B. Nabi Ibrahim a.s. dibakar tidak hangus

C. Tongkat Nabi Musa a.s. yang dapat berubah menjadi ular

D. Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad S.a.w. sebagai petunjuk untuk umatnya.

15. Perhatikan tabel berikut ini!

Sifat wajib

Sifat Mustahil

1

Sidiq

A

Khianat

2

Amanah

B

Kidzib

3

Tabligh

C

Baladhah

4

Fathonh

D

Kitman

Selain sifat wajib, Allah juga memiliki sifat mustahil, pasangan sifat wajib dan mustahil rasul yang benar adalah ditunjukkan nomor …

A. 1-B, 2-A, 3-D, 4-C C. 1-B, 2-D, 3-A, 4-C

B. 1-C, 2-A, 3-D, 4-B D. 1-D, 2-A, 3-B, 4-C

16. Perhatikan ayat Al Qur’an berikut!

 

Allah telah mengisyaratkan  bahwa semua makhluk hidup di dunia ini yang memiliki nyawa, akan kembali kepada-Nya, seperti dalam Surah Q.S. an-Nisā’ [4]: 78 berikut!

Berdasarkan   ayat   tersebut,   kejadian   kiamat antara lain ditunjukkan melalui peristiwa…

A. matahari terbit dari barat

B. meninggalnya seseorang

C.   bumi mengeluarkan beban yang berat

D.   manusia seperti anai-anai yang berterbangan

17. Perhatikan tabel berikut!

Nama Lain Hari Kiamat

Nama Lain Hari Kiamat

1.  Yaumul mīzān     

A. hari bangkit dari alam kubur

2.  Yaumul Ba’atṡ     

B. amal perbuatan manusia dihitung oleh Allah

3.  Yaumul Mahsyar

C. ditimbang amal perbuatannya selama di dunia

4.  Yaumul ḥisāb     

D. dikumpulkan di suatu tempat

Pasangan yang tepat pada tabel tersebut adalah.…

A.  1-B, 2-C, 3-A, 4-D                C. 1-C, 2-B, 3-D, 4-A

B.  1-C, 2-A, 3-D, 4-B      D. 1-A, 2-D, 3-B, 4-C

18. Simaklah peristiwa pada hari akhir berikut !

Seluruh manusia yang dibangkitkan dari kuburnya kemudian dikumpulkan di Padang Mahsyar, mereka menunggu pengadilan dari Allah Dzat Yang Maha Adil atas amal perbuatan selama hidup di dunia. Selanjutnya, sluruh amal perbuatan manusia akan diperhitungkan. Pada hari itu, yang berbicara bukan mulut, tetapi semua anggota badan yang menjadi saksi sehingga tidak ada satupun perbuatan yang terlepas dari perhitungan. Perilaku yang sesuai dengan dIskripsi di atas  adalah ….

A. Ahmad mengunggah fotonya di media sosial saat salat berjamaah.

B. Fatimah menyebar berita yang belum jelas sumbernya ke media sosial.

C. Wahda menahan dirinya untuk tidak menyebar hoax di media sosial.

D. Rahma menyampaikan keluh kesah dalam status media sosial.

19. Manakah pernyataan berikut yang menjelaskan perbedaan antara takdir mubram dan takdir muallaq?

A. Takdir mubram tidak dapat diubah, sedangkan takdir muallaq bergantung pada usaha dan doa manusia.

B. Takdir mubram hanya berkaitan dengan hal duniawi, sedangkan takdir muallaq hanya berkaitan dengan hal akhirat.

C. Takdir mubram dan takdir muallaq memiliki pengaruh yang sama terhadap hidup manusia.

D. Takdir mubram dapat berubah jika manusia berdoa dan berusaha, sementara takdir muallaq tidak dapat diubah.

20. Rina merasa khawatir tentang ujian yang akan datang, namun ia tetap melakukan persiapan terbaiknya dan berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan. Yang seharusnya dilakukan Rina untuk meyakini adanya qada dan qadar Allah SWT. dalam kehidupan adalah …

A. Menyerahkan semua hasil tanpa usaha

B. Tidak mempercayai takdir Allah SWT.

C. Menghindari ujian dengan cara apapun

D. Senantiasa berikhtiar dan bertawakal

21. Ketika Ahmad mengalami musibah, dia merasa cemas dan khawatir. Namun, setelah berdoa dan merenung, ia menyadari bahwa setiap peristiwa yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah SWT. untuk kebaikannya. Hal yang bisa kita pelajari dari pengalaman Ahmad dalam meyakini qada dan qadar Allah SWT. adalah …

 

A. Semua musibah adalah ujian tanpa hikmah

B. Allah SWT. tidak adil dalam memberi ujian

C. Semua yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah SWT. dan pasti ada hikmahnya

D. Musibah adalah akhir dari segalanya, tanpa adanya harapan

22. Tidak mudah percaya dengan isu yang belum jelas kebenarannya, menghentikan penyebaran berita bohong, jatuhkan sanksi sosial kepada pembuat berita bohong, senantiasa berhusnuzzan dan tidak terpancing untuk mencari kesalahan orang lain. Pernyataan tersebut merupakan langkah ….

A. Melakukan tabayun

B. Melakukan kritik

C. Menghindari gibah

D. Melakukaqn review produk

23. Perhatikan ilustrasi berikut!

Dapat menjaga sesuatu menjadi aman, bertanggung jawab terhadap kepercayaan yang diberikan serta dapat melaksanakan tanggung jawabnya secara baik sehingga orang yang menitipkannnya tenang dan nyaman. Berdasarkan ilustrasi di atas konsep amanah yang sesuai adalah ….

A. Menjaga sesuatu menjadi lebih baik

B. Menjaga kepercayaan yang diberikan orang lain dengan penuh tanggung jawab

C. Menjaga titipan yang harus dikembalikan

D. Melaksanakan tanggung jawab secara pribadi

24. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Masuk sekolah tepat waktu

2) Rajin mengerjakan Salat Tahajud

3) Belajar dengan sungguh-sungguh

4) Disiplin mengerjakan tugas dari guru

5) Selalu memperhatikan penjelasan guru

6) Memberikan contekan pada teman

7) Memperbanyak zikir dan doa kepada Allah Swt.

Dari pernyataan tersebut, yang termasuk contoh paling tepat dari perilaku semangat mencari ilmu, ditunjukkan pada nomor.…

A. 1, 2, 3 dan 4 C. 1, 3, 4 dan 5

B. 1, 2, 4 dan 5 D. 1, 3, 4 dan 6

25. Sebagai remaja muslim, kalian harus memahami dan menguasai etika dalam  komunikasi,  baik di media  sosial maupun  komunikasi  secara langsung.  Islam  telah  memberikan  rambu-rambu   komunikasi  yang Islami. Pengertian  yang  tepat  dari Komunikasi Islami adalah  ….

A. Proses komunikasi antar sesama manusia didasarkan pada ajaran Islam  

B. Proses penyampaian pesan berkaitan dengan perkembangan umat Islam

C. Proses penyampaian pesan didasarkan pada kebiasaan daerah

D. Proses komunikasi antar sesama manusia didasarkan kebiasaan

26. Ketika  kita  membuat  status   atau  memberikan  komentar   terhadap pernyataan  orang  lain di media sosial, bisa jadi menimbulkan  salah paham bagi orang yang membacanya. Berikut beberapa etika yang harus dilakukan:

1)  Hindari tempat-tempat yang sepi

2)  Menggunakan bahasa yang santun

3)  Bertanggung jawab atas status atau komentar

4)  Memberikan respons dengan kata-kata yang baik

5)  Berbicara atau menyampaikan informasi yang benar

6)  Saling mengingatkan dalam kebaikan satu sama lain

7)  Mendoakan agar teman-teman senantiasa dalam kebaikan

Yang termasuk etika dalam komunikasi melalui media sosial ditunjukkan oleh nomor…

A.  1, 2, 3, 4                B.   2, 3, 4, 5   C. 3, 4, 5, 6 D. 4, 5, 6, 7

27. Dalam sebuah diskusi, Aisyah dan Rahma memiliki pandangan yang berbeda tentang topik yang sedang dibahas. Aisyah dengan sopan menyampaikan pandangannya, tetapi Rahma justru memotong pembicaraan Aisyah dan mulai mengejek pandangan Aisyah. Bagaimana seharusnya Aisyah menanggapi perlakuan Rahma?

A.  membalas perlakuan Rahma dengan kata-kata yang menyakitkan sebagai balasan atas perlakuannya

B.  diam dan tidak mempermasalahkan perlakuan Rahma karena tidak ingin berkonflik.

C. menjelaskan pandangannya dengan lebih tegas dan memberikan penghormatan kepada Rahma meskipun pendapat mereka berbeda.

D. meninggalkan ruangan karena tidak ingin berurusan dengan Rahma yang kurang sopan dalam berkomunikasi.

28. Perhatikan riwayat hadits berikut ini!

suatu kali Rasulullah Saw berdiri (memberi hormat) ketika sebuah iring-iringan jenazah yang lewat di hadapannya. Kemudian salah seorang sahabat beliau mengingatkan bahwa jenazah itu adalah jenazah orang Yahudi, yang tak layak mendapat penghormatan. Rasulullah Saw langsung menjawab, “Bukankah ia juga manusia ?” dari riwayat hadits diatas sebagai penerapan akhlak rasul yaitu……

A. Tasamuh C. Jujur

B. Amanah D. Tawadhu’

29. Seorang siswa sedang membuat puisi Islami tentang keindahan alam. Ia menuliskan bahwa setiap keindahan yang ia lihat adalah bukti kebesaran Allah SWT. Berdasarkan narasi tersebut, tujuan utama seni Islami adalah …

A. Menyampaikan keindahan tanpa batas

B. Menghibur manusia secara luas

C. Membuat karya seni yang menarik perhatian

D. Mengingatkan manusia kepada Allah SWT.

30. Sebuah masjid dirancang dengan arsitektur yang menggabungkan seni Islami dan fungsi ibadah. Seni Islami yang tercermin dalam desain masjid tersebut hendaknya menggambarkan …

A. ornamen geometris yang menggambarkan tauhid

B. menambahkan patung di dalam masjid

C. warna-warna mencolok untuk menarik perhatian

D. desain modern tanpa unsur religius

31. Sebuah organisasi seni ingin menghasilkan karya yang sesuai dengan pandangan Islam. Langkah pertama yang harus mereka lakukan adalah ….

A. Membuat rencana anggaran

B. Memahami batasan syariat dalam berkesenian

C. Mengundang seniman dari berbagai agama

D. Mempelajari tren seni internasional

32. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Sudah baligh

2) Telah masuk waktu salat

3) Menutup aurat

4) Menghadap kiblat

5) Islam

6) Membaca surat al Fatihah

Yang termasuk syarat sah salat ditunjukkan oleh nomor ….

A. 1, 2 dan 3 C. 2, 3 dan 4

B. 3, 4 dan 5 D. 4, 5 dan 6

33. Ahmad  melaksanakan salat Duhur. Namun ia lupa tidak melakukan tasyahud awal. Sebelum salam ia melakukan sujud sahwi. Dari ilustrasi tersebut menunjukkan hikmah melakukan sujud sahwi adalah ….

A. Agar terhindar dari dosa dan mendapat pahala

B. Salatnya kelihatan khusyuk

C. Salatnya Nampak lama

D. Menyadari bahwa manusia tidak luput dari salah dan lupa

34. Pelaksanaan ibadah dengan rukhsah terjadi karena sebab-sebab tertentu. Berikut ini merupakan sebab-sebab diperbolehkannya menggunakan rukhsah adalah ….

A. Paksaan, lupa, ketidaktahuan, kondisi sulit

B. Musafir, sakit, pingsan, tidak berakal sehat

C. Lupa, sakit, darurat, kemauan sendiri

D. Kondisi sulit, musafir, paksaan, kemauan bersama

35. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Diawali dengan puasa selama tiga hari berturut-turut

2) Memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah swt.

3) Dilaksanakan 2 rekaat seperti salat Id

4) Penduduk sebaiknya memakai pakaian yang sederhana

5) Memperbanyak sedekah dan amal baik

Dari pernyataan di atas yang merupakan persiapan untuk melaksanakan salat Istisqa’ adalah nomor ….

A. 1, 2 dan 3 B. 3, 4 dan 5 C. 2, 3 dan 4 D. 1, 2 dan 5

36. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Menuliskan hutang piutang

2) Menghadirkan saksi

3) Memberikan jaminan

4) Membuat perjanjian di atas materai

Pernyataan yang merupakan anjuran dalam Q.S. al-Baqarah/2:282 terdapat pada nomor….

A. (1), (2), dan (3) C. (1), (3), dan (4)

B. (1), (2), dan (4) D. (2), (3), dan (4)

37. Proses penyembelihan harus menyebut asma Allah SWT, selain itu penyembelihan hewan sah apabila dilakukan pada bagian leher dan memenuhi ketentuan terputusnya tiga saluran berikut yaitu....

A. saluran pernafasan, makanan dan minuman

B. saluran pernafasan, makanan dan tulang leher

C. saluran makanan, minuman dan bagian tulang leher

D. saluran makanan, pernafasan dan urat nadi

38. Perhatikan data berikut!

1) Unta yang sudah berumur 5 tahun

2) Sapi /kerbau yang sudah berumur 1 tahun

3) Kambing yang sudah berumur 2 tahun

4) Domba/biri-biri yang sudah berumur 1 tahun

5) Sapi/kerbau yang sudah berumur 2 tahun

6) Unta yang sudah berumur 2 tahun

Yang merupakan binatang yang sah digunakan untuk kurban adalah....

A. 1, 2, 3 dan 4

B. 1, 3, 4 dan 5

C. 1, 2, 4 dan 6

D. 2, 3, 4 dan 6

39. Perhatikan ilustrasi berikut!

Farid adalah siswa kelas IX SMP Kabupaten Pati. Setiap pulang sekolah dia memiliki kegiatan mencari rumput untuk memberi makan kambing kesayangannya. Ketika hari raya Idul Adha tiba kambing kesayangannya disembelih untuk dikurbankan. Hikmah ibadah kurban yang terdapat dalam ilustrasi tersebut adalah ….

A. ibadah kurban merupakan kewajiban

B. hewan yang dikurbankan harus peliharaan sendiri

C. untuk mendapat Ridla Allah swt apapun akan dikurbankan

D. penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari raya Idul  Adha

40. Pada masa pemerintahan Daulah Bani Umayyah, dibentuk lembaga pemerintahan yang bertujuan untuk memperlancar jalannya pemerintahan an Nizam asy-Syiyasi adalah lembaga pemerintahan yang bertugas mengurusi masalah ….

A. kehakiman

B. politik

C. keuangan

D. keagamaan

41. Islam sangat mendorong berkembangnya akal pikiran manusia serta ilmu pengetahuan. Pada perkembangan sejarah, muncullah para ahli ilmu fikih yang dikenal sebagai imam mazhab, mereka adalah ….

A. Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam At-Tirmidzi, Imam Abu Daud

B. Al-Khawarizmi, Ibnu Qurra, Al-Farabi, Al-Battani

C. Ibnu Arabi, Al-Ghazali, Al-Farabi, Ibn Khaldun

D. Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’i, dan Imam Hambali

42. Sumber ajaran Islam yang utama adalah Al Qur’an dan al Hadis. Keduanya perlu dipahamai dan diamalkan dalam kehidupan. Ada beberapa mazhab yang bisa ikuti dalam beragama. Munculnya berbagai mazhab salah satunya disebabkan oleh ….

A. cara beribadah yang memiliki perbedaan

B. perbedaan zaman dan penguasa

C. perbedaan dalam memahami Al-Qur’an dan Hadis

D. panutan atau guru yang berbeda

43. Penetapan suatu hukum atas perkara yang baru, belum ada dalam nass dengan berdasar  pada hukum yang sudah ada dalam nass karena memiliki kesamaan sebab (‘illat) dinamakan ….

A. Ijma’ B. Qiyas C. Ijtihad D. Fatwa Ulama’

44. Pada masa pemerintahan Daulah bani Umayyah di Andalusia, salah satu pemimpinnya berhasil mendirikan  Universitas Cordova dan perpustakaan yang memiliki koleksi ratusan ribu buku. Dengan terbukanya akses terhadap ilmu pengetahuan dan pembangunan, masyarakat Andalusia dapat menikmati kesejahteraan dan kemakmuran. Pemimpin yang dimaksud adalah ….

A. Abdurrahman ad-Dakhil

B. Hakam al-Muntasir

C. Abdurrahman an-Nasir

D. Abdurrahman al-Ausat

45. Perhatikan narasi berikut!

Berkembangnya Bait al-Hikmah sebagai pusat ilmu pengetahuan dunia berawal tradisi penerjemahan buku yang berkembang di masa Daulah Bani Abbasiyah. Membaca dan menerjemahkan buku serta mendirikan perpustakaan menjadi gaya hidup Masyarakat. Masyarakat hidup dalam kedaan Sejahtera sehingga memiliki kesempatan untuk membaca ataupun menerjemahkan buku. Hal ini merupakan kesadaran bahwa kemajuan dapat dicapai dengan kesungguhan. Niali-nilai keteladanan yang terdapat pada narasi di atas adalah …

 

A. Literasi pangkal kemajuan

B. Literasi pangkal kesejahteraan

C. Kesejahteraan pangkal literasi

D. Kesejahteraan pangkal kemajuan

46. Sepeninggal Nabi Muhammad saw. kepemimpinan dalam Islam dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidun, Bani Umayyah, Bani abbasiyyah. Kita juga mengenal Daulah Usmaniyyah. Daulah usmaniyyah merupakan keturunan suku ….

A. Kayi B. Hasan C. Khazraj D. Khan

47. Usaha Penaklukkan kota Konstantinopel oleh Al-Fatihmemakan waktu 9 bulan, dan tepat pada 29 Mei 1453 M, Kota Konstantinopel berhasil ditaklukkan. Setelah memasuki Konstantinopel Al-Fatih memasuki sebuah gereja Hagia Sofia. Al-Fatih memberikan perlindungan kepada para pendeta saat itu. Dari Wacana tersebut nilai positif yang bisa kita teladani adalah ….

A. Gotong royong dan pengorbanan

B. Keteguhan dan keramahan

C. Kegigihan dan toleransi

D. Istiqomah dan kesabaran

48. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Mengikuti apapun yang diperintahkan oleh pemimpin

2) Siap mempertahankan Islam sebagai agama kita

3) Bangga menjadi seorang muslim / Muslimah

4) Tidak mudah putus asa ketika mengalami kegagalan

Hikmah mempelajari sejarah Daulah Syafawi dan Daulah Mughal terdapat pada nomor…

A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 1, 3, dan 4 D. 2, 3, dan 4

49. Beliau adalah ayah dari Jalaluddin Muhamad Akbar yang terkenal sangat pemaaf. Ketika menjadi sultan beliau mengatur ulang  tata kelola pemerintahan dengan membagi kantor layanan masyarakat menjadi beberapa departemen. Sultan yang dimaksud adalah….

A. Harun Ar- rasyid C. Sulaiman Al-Qonuni

B. Zahirudin Muhamad Babur D. Nasyirudin Humayun

50. Hal yang perlu diapresiasi dari kedua Daulah Syafawi dan Daulah Mughal, keduanya menerapkan kebijakan yang universal dalam beragama. Maksud dari pernyataan tersebut adalah …

A. Setiap warga negara diberikan hak kebebasan beragama, tidak dibedakan berasal dari suku, ras, atau golongan tertentu.

B. Memaksakan warga negara untuk memeluk agama Islam.

C. Karena Daulah yang dibentuk merupakan Daulah Islam, maka diutamakan warga yang beragama Islam.

D. Menjaga keamanan warga negara.

 

II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

 

51. Perhatikan Q.S. Al-Baqarah ayat 30 berikut ini:

 

Dari ayat di atas tulislah kembali lafaz yang terdapat bacaan Mad Thobi’I, Mad Wajib Muttasil, Mad Jaiz Munfasil dan Mad Arid Lissukun!

52. Selain sujud merupakan rukun salat, ada beberapa sujud yang bisa lakukan karena sebab tertentu. Jelaskan sebab-sebab melakukan sujud sahwi, sujud syukur serta sujud tilawah!

53. Allah telah membuat suatu ketetapan bahwa alam semesta ini jika tiba waktunya akan hancur. Peristiwa ini dikenal dengan datangnya hari kiamat. Sedangkan kiamat ada dua, sebutkan dan jelaskan beserta tanda-tandanya!

54. Islam mengajarkan pemeluknya untuk selalu bersikap jujur dalam bergaul dengan sesamanya. Sikap jujur sangat penting dalam kehidupan berbangsa, bernegara serta bermasyarakat. Berikan contoh bagaimana penerapan sikap jujur dalam kehidupan di sekolah, keluarga dan masyarakat?

55. Daulah Bani Abbasiyah merupakan masa keemasan dalam peradaban Islam. Ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat, muncul para ilmuwan-ilmuwan terkemuka. Sebagai  seorang pelajar jelaskan beberapa sikap meneladani kemajuan peradaban masa Daulah Bani Abbasiyyah!

KUNCI JAWABAN

I. Pilihan Ganda

No

Jawaban

No

Jawaban

No

Jawaban

No

Jawaban

1

B

16

B

31

B

46

A

2

C

17

B

32

C

47

C

3

D

18

C

33

D

48

D

4

D

19

A

34

A

49

D

5

C

20

D

35

D

50

A

6

D

21

C

36

A

 

 

7

D

22

A

37

D

 

 

8

C

23

B

38

B

 

 

9

C

24

C

39

C

 

 

10

B

25

A

40

B

 

 

11

A

26

B

41

D

 

 

12

A

27

C

42

C

 

 

13

B

28

A

43

B

 

 

14

D

29

D

44

C

 

 

15

A

30

A

45

A

 

 

 

II. Essay

51. Mad Thob’I =

Mad Wajib Muttasil =

Mad Jaiz Munfasil =

Mad Arid Lissukun =

52. -Sujud syukur dilakukan ketika mendapat anugerah/ kenikmatan dari Allah swt. atau

  terhindar dari mara bahaya

-Sujud sahwi dilakukan Ketika lupa dalam salat, seperti lupa jumlah rekaat salat, lupa tidak tasyahud awal, lupa tidak membaca doa qunut

-Sujud tilawah dilakukan Ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah

53. Kiamat sughra (kiamat kecil) = kematian seseorang, bencana alam

Kiamat kubra (kiamat besar)= hancurnya alam semesta, matahari terbit dari barat, munculnya Dajjal, Yakjuj Makjuj dll

54. 1. Jujur di sekolah:

Tidak mencontek Ketika ulangan

Mengambil kembalian sesuai kembalian

Jujur dengan guru maupun teman

2. Jujur di keluarga

Tidak berbohong dengan orang tua

Meminta uang sejumlah iuran sekolah

Berpamitan dengan orang tua dan tidak berbohong

3. Jujur di Masyarakat

Tidak berbohong dengan tetangga

Tidak menipu Ketika bertransaksi

55. - Semangat dalam belajar, menuntut ilmu

Bekerja keras tidak berfoya-foya

Meningkatkan literasi untuk meningkatkan pengetahuan

 

Post a Comment for "SOAL DAN KUNCI ASAJ MAPEL PAI TAHUN 2025 SMP KURMER"