Skip to main content

Jurnal Aplikasi Quantum Learning (Action Research di SMA Plus Muthahhari Bandung)

Aplikasi Quantum Learning (Action Research di SMA Plus Muthahhari Bandung)
Abstract
Quantum Learning sebagai jawaban atas tragedi peradaban yang tidak humanis berusaha mengembalikan spektrum kemanusiaan pendidikan. Ia menjadi kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang aktif, nyaman dan menyenangkan serta bermanfaat bagi manusia pembelajar. Potensi otak manusia yang begitu dahsyat dengan modalitas balajar dan kecerdasan yang beragam -yang dimiliki pembelajar, diaktualisasikan secara optimal dalam proses pembelajaran. Menumbuhkan Apa Manfaatnya BagiKu (AMBAK) dan mengorkestrasikan TANDUR -bagi guru- dalam pembelajaran, membantu proses akselerasi yang signifikan dalam pendidikan yang manusiawi. Tulisan hasil penelitian ini memfokuskan pada bagaimana aplikasi Quantum Learning di SMA Plus Muthahhari Bandung, sebagai pionir penerapan Quantum Learning di Indonesia. SMUTH -demikian biasanya SMA Plus Muthahhari populer disebut- juga mengembangkan Accelerated Learning, Multiple Intelligences dan Brain Based Learning, sebagai pendukung penerapan Quantum Learning (QL).

Deskripsi Alternatif :

Quantum Learning sebagai jawaban atas tragedi peradaban yang tidak humanis berusaha mengembalikan spektrum kemanusiaan pendidikan. Ia menjadi kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang aktif, nyaman dan menyenangkan serta bermanfaat bagi manusia pembelajar. Potensi otak manusia yang begitu dahsyat dengan modalitas balajar dan kecerdasan yang beragam -yang dimiliki pembelajar, diaktualisasikan secara optimal dalam proses pembelajaran. Menumbuhkan Apa Manfaatnya BagiKu (AMBAK) dan mengorkestrasikan TANDUR -bagi guru- dalam pembelajaran, membantu proses akselerasi yang signifikan dalam pendidikan yang manusiawi. Tulisan hasil penelitian ini memfokuskan pada bagaimana aplikasi Quantum Learning di SMA Plus Muthahhari Bandung, sebagai pionir penerapan Quantum Learning di Indonesia. SMUTH -demikian biasanya SMA Plus Muthahhari populer disebut- juga mengembangkan Accelerated Learning, Multiple Intelligences dan Brain Based Learning, sebagai pendukung penerapan Quantum Learning (QL).

Keyword : Belajar aktif-nyaman-menyenangkan; modalitas belajar; otak pembelajar; AMBAK dan TANDUR; Kecerdasan Majemuk
 

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j