Skip to main content

Jurnal Aplikasi Quantum Learning (Action Research di SMA Plus Muthahhari Bandung)

Aplikasi Quantum Learning (Action Research di SMA Plus Muthahhari Bandung)
Abstract
Quantum Learning sebagai jawaban atas tragedi peradaban yang tidak humanis berusaha mengembalikan spektrum kemanusiaan pendidikan. Ia menjadi kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang aktif, nyaman dan menyenangkan serta bermanfaat bagi manusia pembelajar. Potensi otak manusia yang begitu dahsyat dengan modalitas balajar dan kecerdasan yang beragam -yang dimiliki pembelajar, diaktualisasikan secara optimal dalam proses pembelajaran. Menumbuhkan Apa Manfaatnya BagiKu (AMBAK) dan mengorkestrasikan TANDUR -bagi guru- dalam pembelajaran, membantu proses akselerasi yang signifikan dalam pendidikan yang manusiawi. Tulisan hasil penelitian ini memfokuskan pada bagaimana aplikasi Quantum Learning di SMA Plus Muthahhari Bandung, sebagai pionir penerapan Quantum Learning di Indonesia. SMUTH -demikian biasanya SMA Plus Muthahhari populer disebut- juga mengembangkan Accelerated Learning, Multiple Intelligences dan Brain Based Learning, sebagai pendukung penerapan Quantum Learning (QL).

Deskripsi Alternatif :

Quantum Learning sebagai jawaban atas tragedi peradaban yang tidak humanis berusaha mengembalikan spektrum kemanusiaan pendidikan. Ia menjadi kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang aktif, nyaman dan menyenangkan serta bermanfaat bagi manusia pembelajar. Potensi otak manusia yang begitu dahsyat dengan modalitas balajar dan kecerdasan yang beragam -yang dimiliki pembelajar, diaktualisasikan secara optimal dalam proses pembelajaran. Menumbuhkan Apa Manfaatnya BagiKu (AMBAK) dan mengorkestrasikan TANDUR -bagi guru- dalam pembelajaran, membantu proses akselerasi yang signifikan dalam pendidikan yang manusiawi. Tulisan hasil penelitian ini memfokuskan pada bagaimana aplikasi Quantum Learning di SMA Plus Muthahhari Bandung, sebagai pionir penerapan Quantum Learning di Indonesia. SMUTH -demikian biasanya SMA Plus Muthahhari populer disebut- juga mengembangkan Accelerated Learning, Multiple Intelligences dan Brain Based Learning, sebagai pendukung penerapan Quantum Learning (QL).

Keyword : Belajar aktif-nyaman-menyenangkan; modalitas belajar; otak pembelajar; AMBAK dan TANDUR; Kecerdasan Majemuk
 

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang