Skip to main content

PENGERTIAN QONA’AH, SABAR, TAWAKKAL, KIKHTIAR, DAN SYUKUR



QONA’AH, SABAR, TAWAKKAL, IKHTIAR,  DAN SYUKUR

A.       Tawakkal
           Tawakkal beasal dari bahasa Arab وكل yang berarti menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan segala urusan kita pada orang lain. Tujuannya untuk kemaslahatan dan menghilangkan kemudharatan.
Sikap tawakal dicapai dengan motivasi sebagai berikut :
1.      Yakin bahwa Allah swt penguasa alam semesta
2.      Tahu keutamaan dari sikap tawakkal
3.      Menyadari bahwa manusia banyak kekurangan
Firman Allah dalam QS Almaidah : 23
n?tãur «!$# (#þqè=©.uqtGsù bÎ) OçGYä. tûüÏZÏB÷sB ÇËÌÈ  
Artinya : … dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal jika kamu benar-benasr orang yang beriman.
Tawakkal terbaik adalah yang dilakukan nabi Ibrahhim as ketika dibakar oleh Namrudz, saat itu nabi Ibrahim berzikir “hasbiya Allahu wani’mal wakiil” artinya cukup untukku Allah saja, Dia penolong terbaik. Dan Allah menolong secara langsung dengan berfirman pada api itu. “ Wahai api jadilah dingin, dan selamatkanlah Ibrahim”. QS. Al Anbiya’ : 69

B.        Ikhtiar
Secara bahasa artinya memilih.
Secara istilah usaha seorang hamba untuk memperoleh apa yang dikehendakinya.
Firman Allah QS. Ar-Ra’du : 11
žcÎ) ©!$# Ÿw çŽÉitóム$tB BQöqs)Î/ 4Ó®Lym (#rçŽÉitóム$tB öNÍkŦàÿRr'Î/ 3  
Artinya : … Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…(QS. Ar-Ra’du:11)
Contoh ikhtiar belajar dengan tekun agar dapat nilai yang baik, seorang ayah bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, dan sebaginya.
Firman Allah SWT  QS, al-Jum’ah : 10
#sŒÎ*sù ÏMuŠÅÒè% äo4qn=¢Á9$# (#rãÏ±tFR$$sù Îû ÇÚöF{$# (#qäótGö/$#ur `ÏB È@ôÒsù «!$# (#rãä.øŒ$#ur ©!$# #ZŽÏWx. ö/ä3¯=yè©9 tbqßsÎ=øÿè? ÇÊÉÈ  

Artinya : Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebarlah kamu di muka bumi, dan  carilah karunia Alllah dan ingatlah Allah sebanyak mungkin agar kalian beruntung.
Hikmah Tawakal dan Ikhtiar
1.      Menghilangkan rasa malas
2.      Menumbuhkan harapan baru dalam hidup
3.      Meninggikan derajat kita di hadapan manusia dan Allah Swt.

C.       Sabar
        Sabar dalam bahasa Arab  صبر  yang berarti menahan, mencegah atau mengubah.
Menurut istilah sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.
        Sabar yang paling dilarang oleh Allah adalah sifat lemah juga bersedih hati itu termasuk sifat tidak sabar. Sifat itu sangat dilarang oleh Allah Swt.
Firman Allah QS. Al Anfal ayat 46
(#ÿrçŽÉ9ô¹$#ur 4 ¨bÎ) ©!$# yìtB šúïÎŽÉ9»¢Á9$# ÇÍÏÈ  
Artinya : “Dan bersabarlah kalian, karena Allah beserta orang-orang yang sabar “
Firman Allah Swt  QS. Az-Zumar : 10
ö$yJ¯RÎ) ®ûuqムtbrçŽÉ9»¢Á9$# Nèdtô_r& ÎŽötóÎ/ 5>$|¡Ïm ÇÊÉÈ  
Artinya : “Sesungguhnya hanya orang-orang yang sabar yang disempurnakan pahala mereka tanpa batas”.

D.       Syukur
Syukur adalah salah satu refleksi dari sikap tawakkal. Syukur ialah sesuatu yang menunjukkan kebaikan dan penyebarannya.
Menurut istilah  syukur adalah memberikan pujian kepada Allah Swt dengan cara taat kepada-Nya, tunduk dan berserah diri hanya kepada Allah  Swt serta beramar ma’ruf nahi munkar.
Firman Allah QS. Ibrahim : 7
øŒÎ)ur šc©Œr's? öNä3š/u ûÈõs9 óOè?öx6x© öNä3¯RyƒÎV{ ( ûÈõs9ur ÷LänöxÿŸ2 ¨bÎ) Î1#xtã ÓƒÏt±s9 ÇÐÈ  
Artinya : “Dan ( ingatlah juga ), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur; pasti Kami akan menambah ( nikmat ) kepadamu, dan jika kamu mengingkari ( nikmat-Ku ), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.
Bersyukur dibagi 3 bagian, yaitu :
1.      Bersyukur dengan lisan ( mengucap “Alhamdulillah” )
2.      Bersyukur dengan hati ( menggunakan segala ni’mat di jalan Allah Swt )
3.      Bersyukur dengan badan ( mengabdi kepada Allah )

E.        Qana’ah
Qana’ah ialah menerima keputusan Allah Swt dengan tidak menmgeluh, merasa puas dan penuh keridlaan atas keputusan Allah serta senantiasa tetap berusaha sampai batas maksimal kemampuannya.
Beruntunglah orang-orang yang selalu merasa cukup dengan apa yang diberikan Allah kepadanya,  Firman Allah Swt QS. Hud : 6
* $tBur `ÏB 7p­/!#yŠ Îû ÇÚöF{$# žwÎ) n?tã «!$# $ygè%øÍ ÞOn=÷ètƒur $yd§s)tFó¡ãB $ygtãyŠöqtFó¡ãBur 4 @@ä. Îû 5=»tGÅ2 &ûüÎ7B ÇÏÈ  
Artinya : ”Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah yang memberikan rezekinya, dan Dia merngetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata ( Lauh mahfuzh)”.
Dalam Hadits Rasulullah SAW bersabda :
عن عبد  الله ابن عمر رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : قد افلح من اسلم ورزق كفافا وقنعه الله بما اتاه (رواه مسلم)
Artinya : “Dari Abdillah Bin Umar ra berkata Rasulullah Saw, Sungguh beruntunh orang yang masuk Islam mendapat rizki secukupnya dan ia merasa cukup dengan apa yang telah Allah berikan kepadanya.” ( HR. Muslim )
Contoh  yang mencerminkansifat qona’ah :
1.      Menerima dengan ikhlas setiap rejeki yang diberikan Allah Swt.
2.      Senantiasa berfikir positif menerima ujian, cobaan, kegagalan, bahkan nikmat dari Allah Swt.
3.      Bekerja keras dan tetap oftimis
4.      Tidak berlebih lebihan artinya membelanjakan harta sesuai kebutuhan.
Hikmah dari Sabar, Syukur dan Qana’ah
1.      Syukur dan sabar adalah kunci bagi meningkatnya keimanan akan Allah Swt dalam diri seseorang.
2.      Sabar dan syukur juga sarana meningkatkan kualitas diri agar lebih berharga dalam pandangan Allah Swt.
Qana’ah adalah kunci kebahagiaan hidup, karena selalu berpikiram positif dalam menerima ujian dari Allah Swt dan berusaha menjadi manusia yang baik di mata Allah Swt.

Comments

  1. Pelajaran dan pendidikan akhlak sangat penting bagi pelajar muslim di seluruh Indonesia. Bagi seorang muslim dan muslimah sudah seharusnya Kita memiliki semangat dan ghirah dalam mempelajari bahasa arab. Terlebih lagi bahasa arab dan wasilah bagi kita dalam mengenal ilmu syari.
    jelaskan pengertian mukjizat dan irhas pengertian ikhtiar tawakal qanaah sabar syukur Ufa Bunga SMartphone

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j