Skip to main content

Tulang Rusuk dan Tulang Punggung Dalam Islam

 SUAMI : KAMU MAU BEKERJA ISTRIKU ? ...

_____________________________________


Istri : "Abi, Aku mau kerja!”


Suami : “Jangan, lah. Kamu di rumah saja. Istri itu di rumah tugasnya”


Istri : “Itu, tetangga kita, dia kerja!”


Suami : “Hehe …, Dia itu guru sayaang. Dia dibutuhkan banyak orang. Yang membutuhkan kamu tidak banyak. Hanya Abi dan anak kita. Di rumah saja, yaa !”


Istri : “Itu…, tetangga kita yang satunya, yang sekarang sudah pindah ke kampung sebelah, aku lihat dia kerja. Bukan guru. Tidak dibutuhkan banyak orang.”


Suami : “Nanti, tunggu Abi meninggal dunia.”


Istri : “Apa-apaan sih?”


Suami : “Dia itu janda sayaaaang. Suaminya meninggal satu setengah bulan yang lalu. Makanya dia kerja.”


Istri : “Tapi kebutuhan kita makin banyak, Abi”


Suami : “Kan Abi masih kerja, Abi masih sehat & masih kuat. Akan Abi usahakan, Insyaa Allah.”


Istri : “Iya, aku tahu. Tapi penghasilan Abi untuk saat ini tidaklah cukup.”


Suami : “Bukannya tidak cukup, tapi belum lebih.


Istri : "Kok begitu Abi, maksudnya ?"


Suami : Mengapa Abi bilang begitu ? Karena Allah pasti mencukupi. Takut tidak tercukupi akan rezeki adalah penghinaan kepada Allah. Jangan khawatir ! Mintalah pada-Nya. Atau begini saja, Abi ada ide ! Tapi Abi mau tanya dulu.”


Istri : “Apa Abi?”


Suami : “Apa alasan paling mendasar yang membuat kamu ingin bekerja ?”


Istri : “Ya untuk memperbaiki perekonomian kita Abi. Aku ingin membantumu dalam penghasilan. Untuk kita, keluarga kita.”


Suami : “Kalau memang begitu, kita buka usaha kecil saja di rumah. Misal sarapan pagi, bubur ayam misalnya .. Atau, bisnis Online saja. Kamu yang jalani. Bagaimana ? anak terurus, rumah terurus, Abang terlayani, uang masuk terus, Insyaa Allah. Keren kan ?

Tidak harus keluar rumah. Kalau memang hasilnya belum lebih, Tenang, masih ada solusi !!”


Istri : “Apa ?”


Suami : “Bukankah ada yang lima waktu ? Bukankah ada Tahajud ? Bukankah ada Dhuha ? Bukankah ada sedekah ? Bukankah ada puasa ? Bukankah ada amalan-amalan sholeh lainnya ? Allah itu Maha Kaya. Minta saja pada-Nya.”


Istri : “Iya Abi, aku tahu. Tapi itu semua harus ada ikhtiar nyata.”


Suami : “Kita ini partner sayang. Abi-lah pelaksana ikhtiarnya. Tugas kamu (istriku) cukup itu. Insyaa Allah jika menurut Allah baik, menurut-Nya kita pantas, kehidupan kita pasti akan berubah.”


Istri : “Tapi Abi ?!”


Suami : “Abi tanya lagi…, kamu ingin kita hidup kaya, apa berkah ?”


Istri : “Aku ingin kita hidup Kaya dan Berkah.”


Suuami : “Kalau begitu lakukan amalan-amalan tadi. Insyaa Allah kaya dan berkah.”


Istri : “Kalau tidak kaya ?”


Suami : “Kan masih berkah ? Dan…, tahu apa yang terjadi padamu jika tetap istiqomah dengan itu ?”


Istri : “Apa itu Abi ?


Suami : “Pilihlah pintu surga yang mana saja yang kamu suka & mau. Dan kamu, menjadi sebenar-benarnya perhiasan dunia."


_________________________________________________


Rasulullah shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda,


“Apabila seorang wanita (istri) itu telah melakukan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga harga dirinya dan mentaati perintah suaminya, maka ia di undang di akhirat supaya masuk surga berdasarkan pintu mana yang ia suka (sesuai pilihannya),”

(HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Thabrani).


“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholehah”

[H.R. Muslim]

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j