Skip to main content

IMPLEMENTASI LEARNING BEYOND THE FACTS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui secara mendalam mengenai Implementasi Leraning Beyond The Facts (mempelajari sesuatu melebihi fakta) pada pembelajaran SKI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mempengaruhi Implementasi Learning Beyond The Facts pada pembelajaran SKI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017, 3) Untuk mengetahui keberhasilan Implementasi Learning Beyond The Facts dalam mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017.

Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran SKI dan peserta didik kelas XI. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: 

1) Implementasi Learning Beyond The Facts pada pembelajaran SKI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun pelajaran 2016/2017 telah terlaksana dengan ditandai adanya pembelajaran yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik dengan pemutaran video terkait materi pembelajaran yang diharapkan akan dapat mengembangkan berpikir kreatif siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga tercipta suasana belajar yang aktif, kreatif dan efektif. Kunci dalam pembelajaran ini adalah berpikir, dengan harapan siswa mampu mengingat, menghafal, dan memahami apa yang didengar, dilihat, dan ditanyakan, kemudian dipahami untuk kemudian diterapkan, 

2) Faktor yang mempengaruhi Implementasi Learning Beyond The Facts pada pembelajaran SKI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu: a) adanya pendidik yang berkompeten, b) adanya motivasi belajar dari peserta didik yakni dengan tingginya semangat belajar, tingginya perhatian dan pemikiran peserta didik terhadap pelajaran yang mereka pelajari, dan c) adanya sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) adanya peserta didik yang kurang berpartisipasi secara aktif sehingga menimbulkan sikap cuek dan acuh tak acuh sehingga tidak bertanggung jawab atas tugasnya sebagai peserta didik, dan b) banyaknya mata pelajaran yang diterima oleh peserta didik, 

3) Keberhasilan Implementasi Learning Beyond The Facts Dalam mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran SKI di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak dapat tercapai dengan adanya beberapa indikator diantaranya: a) perubahan sikap dari peserta didik, b) hasil dalam pembelajaran dan c) keterampilan peserta didik di masyarakat

Untuk file lengkapnya bisa diunduh melalui link di bawah:

1. Cover Download

2. Abstrak Download

3. Daftar Isi Download

4. BAB 1 Download

5. BAB 2 Download

6. BAB 3 Download

7. BAB 4 Download

8. BAB 5 Download

9. Daftar Pustaka Download


Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang