Skip to main content

PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PAI

Abstract

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 

(1) Bagaimana penerapan metode Role Playing kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(2) Bagaimana pemahaman materi PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(3) Adakah pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019. 

Penelitian ini bertujuan 

(1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Role Playing kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(2) untuk mengetahui bagaimana pemahaman materi PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(3) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019. 

Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah diperoleh langsung dari lapangan. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di SMA Negeri 1 Mijen pada ruang lingkup kelas XI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI sejumlah 252 siswa, kemudian diambil sampel sebesar 146 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis korelasi sederhana (korelasi product moment). 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode Role Playing dalam kategori baik yaitu sebesar 76,00 termasuk dalam interval (74-79), 2) Pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen dalam kategori sangat baik sekali yaitu sebesar 88,00 termasuk dalam interval (87-92), 3) Pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen yaitu 0,604 yang termasuk kategori korelasi tinggi dan penerapan metode Role Playing memberikan kontribusi sebesar 36% terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen.

Untuk file lengkapnya bisa diunduh melalui link di bawah:

1. Cover Download

2. Abstrak Download

3. Daftar Isi Download

4. BAB 1 Download

5. BAB 2 Download

6. BAB 3 Download

7. BAB 4 Download

8. BAB 5 Download

9. Daftar Pustaka Download


Semoga Bermanfaat


Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang