Skip to main content

PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PAI

Abstract

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 

(1) Bagaimana penerapan metode Role Playing kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(2) Bagaimana pemahaman materi PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(3) Adakah pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019. 

Penelitian ini bertujuan 

(1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Role Playing kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(2) untuk mengetahui bagaimana pemahaman materi PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019, 

(3) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen tahun pelajaran 2018/2019. 

Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah diperoleh langsung dari lapangan. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di SMA Negeri 1 Mijen pada ruang lingkup kelas XI. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI sejumlah 252 siswa, kemudian diambil sampel sebesar 146 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis korelasi sederhana (korelasi product moment). 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode Role Playing dalam kategori baik yaitu sebesar 76,00 termasuk dalam interval (74-79), 2) Pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen dalam kategori sangat baik sekali yaitu sebesar 88,00 termasuk dalam interval (87-92), 3) Pengaruh penerapan metode Role Playing terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen yaitu 0,604 yang termasuk kategori korelasi tinggi dan penerapan metode Role Playing memberikan kontribusi sebesar 36% terhadap pemahaman materi PAI siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mijen.

Untuk file lengkapnya bisa diunduh melalui link di bawah:

1. Cover Download

2. Abstrak Download

3. Daftar Isi Download

4. BAB 1 Download

5. BAB 2 Download

6. BAB 3 Download

7. BAB 4 Download

8. BAB 5 Download

9. Daftar Pustaka Download


Semoga Bermanfaat


Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang