Skip to main content

PENGARUH MODEL RECIPROCAL LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Dalam proses belajar mengajar model pembelajaran memegang peranan penting dalam pembelajaran. Setiap model pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran untuk membantu peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Untuk mendorong peserta didik mengembangkan skill-skill yang dimilikinya, guru menerapkan model Reciprocal Learning dimana pembelajaran tersebut digunakan untuk mendorong siswa berpikir dan memproses materi pelajaran di kelas secara lebih menyeluruh, dan dapat meningkatkan strategi metakognitif yang lebih efektif selama aktifitas membaca dan mendengarkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui model Reciprocal Learning pada mata pelajaran PAI. (2) Untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik. (3) Untuk mengetahui seberapa besar model Reciprocal Learning mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis angket yang diperoleh dari responden (siswa sekolah dasar) sebanyak 30 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Model Reciprocal Learning memiliki rata-rata sebesar 51,2 termasuk dalam interval 46-49 dengan kategori baik. (2) Kemandirian belajar peserta didik memiliki rata-rata sebesar 50,2 termasuk dalam interval 43-55 dengan kategori baik. (3) Model Reciprocal Learning berpengaruh positif dan signifikanterhadap kemandirian belajar peserta didik. Hal ini diketahui bahwa nilai r hitung = 0,673> r tabel = 0,361, menyumbang = 45,3% dan sisanya yaitu 54,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan persamaan regresi= Y = 21,554 + 0,559X dan t hitung = 4,811. Kemudian dibandingkan dengan nilai t tabel signifikansi 5% diperoleh sebesar 2,048. Sehingga t hitung lebih besar dari t tabel (4,811>2,048). Karena t hitung lebih besar dari t tabel berarti signifikan.

Untuk file lengkapnya bisa diunduh melalui link di bawah:

1. Cover Download

2. Abstrak Download

3. Daftar Isi Download

4. BAB 1 Download

5. BAB 2 Download

6. BAB 3 Download

7. BAB 4 Download

8. BAB 5 Download

9. Daftar Pustaka Download


Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang