Skip to main content

HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan bermain game online siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara. Untuk mengetahui perilaku belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara. Untuk mengetahui hubungan kebiasaan bermain game online terhadap perilau belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, penentuannya menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 112 siswa dari populasi sebanyak 189 siswa. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan aplikasi pengolah data SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan bermain game online dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 3,4174 yang dapat dilihat dengan setiap ada waktu yang luang siswa selalu mengisinya dengan bermain game online. Perilaku belajar siswa kelas VIII dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata 3,567 yang dapat dilihat dengan meskipun siswa sering bermain game online, namun siswa tidak lupa untuk belajar. Terdapat hubungan kebiasaan bermain game online dengan perilaku belajar siswa kelas VIII dalam MTs Negeri 2 Jepara Tahun Ajaran 2018/2019, berdasarkan nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,040<0,05). Sesuai dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,294 serta R square yaitu sebesar 8,6% artinya meskipun siswa sering bermain game online, namun siswa yang tetap untuk belajar, ada siswa yang mengetahui kewajibannya setelah bermain game online, mereka sadar untuk belajar sendiri tanpa harus disuruh oleh orang tua dan guru.


=========================
=========================

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang