Skip to main content

HUBUNGAN KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan bermain game online siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara. Untuk mengetahui perilaku belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara. Untuk mengetahui hubungan kebiasaan bermain game online terhadap perilau belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Jepara. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling, penentuannya menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel 112 siswa dari populasi sebanyak 189 siswa. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan aplikasi pengolah data SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan bermain game online dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 3,4174 yang dapat dilihat dengan setiap ada waktu yang luang siswa selalu mengisinya dengan bermain game online. Perilaku belajar siswa kelas VIII dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata 3,567 yang dapat dilihat dengan meskipun siswa sering bermain game online, namun siswa tidak lupa untuk belajar. Terdapat hubungan kebiasaan bermain game online dengan perilaku belajar siswa kelas VIII dalam MTs Negeri 2 Jepara Tahun Ajaran 2018/2019, berdasarkan nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,040<0,05). Sesuai dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,294 serta R square yaitu sebesar 8,6% artinya meskipun siswa sering bermain game online, namun siswa yang tetap untuk belajar, ada siswa yang mengetahui kewajibannya setelah bermain game online, mereka sadar untuk belajar sendiri tanpa harus disuruh oleh orang tua dan guru.


=========================
=========================

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang