PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK
Abstract
Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yakni dilakukan dalam situasi alamiah tetapi didahului oleh semacam intervensi dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs N Jeketro Gubug Grobogan yakni pada ruang lingkup kelas IX. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas IX A& IX B sejumlah 65 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 56 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode student team-achievement divisions (STAD), cooperative script dan keterampilan psikomotorik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist dalam kategori baik, masing-masing adalah 62,57dan 68. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan student team-achievement divisions (STAD) dengan keterampilan psikomotorik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist, dengan metode Ŷ = 23,873 –0,636 X1, hubungan keduanya positif & signifikan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan cooperative script dengan keterampilan psikomotorik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist, dengan metode Ŷ = 39,337+ 0,403 X2., hubungan keduanya positif & signifikan 4) Terdapatpengaruh yang signifikan antara penerapan student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist, dengan metode Ŷ =26,190+0,673 X1 -0,070 X2., dan hubungan metode student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan dengan keterampilan psikomotorik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist adalah positif & signifikan
Untuk file lengkapnya bisa diunduh melalui link di bawah:
1. Cover Download
2. Abstrak Download
3. Daftar Isi Download
4. BAB 1 Download
5. BAB 2 Download
6. BAB 3 Download
7. BAB 4 Download
8. BAB 5 Download
9. Daftar Pustaka Download
Semoga Bermanfaat
Comments
Post a Comment