Skip to main content

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat jumat, kemudian peueliti juga melakukan observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki obyek penelitian yakni SMP Negeri 5 Blora, peneliti mendapatkan data-data terkait Implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kernampuan psikomotorik siswa kelas 7 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat jumat melalui sumber data yakni guru pendidikan agama islam beserta murid di SMP Negeri 5 Blora. Hasi! dan penelitian iui adalah: 1) Pelaksanaan model pembel aj aran pembelajaran student facilitator and explaining di S!\.1P N 5 Blora adalah guru menyampaikan materi sholat jumat dengan menggunakan LCD proyektor di depan kelas kemudian guru meminta siswa materi menerang kembali dengan menggunakan peta konsep. Pada pertemuan berikutnya guru mengajak semua siswa untuk praktek sholat jumat di mushola SMP N 5 Blora. 2) Dalam pelaksanaan sholat jumat peserta didik diminta untuk melaksanakan gerakan sholat jum 'at berulang-ulang sehingga peserta didik benar-benar mampu untuk melakukan gerakan-gerakan sholat jurn 'at sesuai dengan 1atacara pelaksanaannya 3) Pelaksanaan model pemhelajaran pcmbelajaran student facilitator and explaining di Siv1P N 5 Blora dapat meningkatkan kemampuan psikomororik siswa Peningkatan kemampuan psikornotorik siswa terlihat setelah kegiatan belajar mengajar selesai, siswa sudah dapat melaksanakan gerakan-gerakan dalam sholat jumat dengan baik dan benar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Kemampuan Psikomotorik Siswa, Tata Cara Sholat Jum 'at.

untuk file lengkapnya silahkan unduh melalui link di bawah

=============================

DOWNLOAD

=============================

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang