IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat jumat, kemudian peueliti juga melakukan observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti memasuki obyek penelitian yakni SMP Negeri 5 Blora, peneliti mendapatkan data-data terkait Implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kernampuan psikomotorik siswa kelas 7 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat jumat melalui sumber data yakni guru pendidikan agama islam beserta murid di SMP Negeri 5 Blora. Hasi! dan penelitian iui adalah: 1) Pelaksanaan model pembel aj aran pembelajaran student facilitator and explaining di S!\.1P N 5 Blora adalah guru menyampaikan materi sholat jumat dengan menggunakan LCD proyektor di depan kelas kemudian guru meminta siswa materi menerang kembali dengan menggunakan peta konsep. Pada pertemuan berikutnya guru mengajak semua siswa untuk praktek sholat jumat di mushola SMP N 5 Blora. 2) Dalam pelaksanaan sholat jumat peserta didik diminta untuk melaksanakan gerakan sholat jum 'at berulang-ulang sehingga peserta didik benar-benar mampu untuk melakukan gerakan-gerakan sholat jurn 'at sesuai dengan 1atacara pelaksanaannya 3) Pelaksanaan model pemhelajaran pcmbelajaran student facilitator and explaining di Siv1P N 5 Blora dapat meningkatkan kemampuan psikomororik siswa Peningkatan kemampuan psikornotorik siswa terlihat setelah kegiatan belajar mengajar selesai, siswa sudah dapat melaksanakan gerakan-gerakan dalam sholat jumat dengan baik dan benar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Kemampuan Psikomotorik Siswa, Tata Cara Sholat Jum 'at.
untuk file lengkapnya silahkan unduh melalui link di bawah
=============================
=============================
Comments
Post a Comment