Skip to main content

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

 Abstract

Pembelajaran berbasis multimedia menjadi solusi tepat dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat. Strategi Guided Note Taking dengan media audio visual dapat menjadi tawaran pertama untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Stategi ini merupakan gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audio dan visual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi guided note taking dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih siswa di MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentic secara obyektif/studi lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dan untuk mengkaji pengaruh strategi Guided note taking dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar Fikih siswa, maka dilihat dari hubungan antara penggunaan strategi guided note taking media audio visual dengan hasil belajar Fikih dengan menggunakan rumus uji korelasi product moment (r). Setelah mengadakan observasi dan penelitian di MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket terhadap responden, maka dapat diketahui bahwa penggunaan strategi Guided Note Taking dengan media audio visual pada mata pelajaran Fikih khususnya Fikih ubudiyah sudah berjalan dengan baik. Adapun hubungan antara penggunaan strategi guided note taking dengan media audio visual terhadap hasil belajar Fikih siswa setelah diadakan perhitungan diperoleh harga ”r” = 0,740 sesuai dengan angka indeks korelasi ”r” bahwa antara 0,70 - 0,90 menunjukkan adanya korelasi yang kuat atau tinggi. Untuk mencari kebenaran hipotesis dilanjutkan dengan mencari derajat kebebasan (db), jika r hitung sebesar 0,740 dikonsultasikan dengan tabel nilai r product moment dengan taraf kebebasan 32 pada taraf signifakansi 5 % diperoleh harga r sebesar 0, 361 dan ternyata r hitung lebih besar dari pada r tabel. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada pengaruh signifikan antara strategi guided note taking dengan media audio visual terhadap hasil belajar Fikih siswa di MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati.Dengan dibuktikan hasil penelitian ini diharapkan MTs. Sunan Kalijogo Sumur senantiasa lebih meningkatkan aktifitas dan kreatifitas dalam pembelajaran Fikih.

Untuk file lengkapnya bisa diunduh melalui link di bawah:

==========================

DOWNLOAD

==========================

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang