PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Pembelajaran berbasis multimedia menjadi solusi tepat dalam menghadapi perkembangan teknologi yang pesat. Strategi Guided Note Taking dengan media audio visual dapat menjadi tawaran pertama untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Stategi ini merupakan gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audio dan visual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi guided note taking dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih siswa di MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentic secara obyektif/studi lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dan untuk mengkaji pengaruh strategi Guided note taking dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar Fikih siswa, maka dilihat dari hubungan antara penggunaan strategi guided note taking media audio visual dengan hasil belajar Fikih dengan menggunakan rumus uji korelasi product moment (r). Setelah mengadakan observasi dan penelitian di MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket terhadap responden, maka dapat diketahui bahwa penggunaan strategi Guided Note Taking dengan media audio visual pada mata pelajaran Fikih khususnya Fikih ubudiyah sudah berjalan dengan baik. Adapun hubungan antara penggunaan strategi guided note taking dengan media audio visual terhadap hasil belajar Fikih siswa setelah diadakan perhitungan diperoleh harga ”r” = 0,740 sesuai dengan angka indeks korelasi ”r” bahwa antara 0,70 - 0,90 menunjukkan adanya korelasi yang kuat atau tinggi. Untuk mencari kebenaran hipotesis dilanjutkan dengan mencari derajat kebebasan (db), jika r hitung sebesar 0,740 dikonsultasikan dengan tabel nilai r product moment dengan taraf kebebasan 32 pada taraf signifakansi 5 % diperoleh harga r sebesar 0, 361 dan ternyata r hitung lebih besar dari pada r tabel. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi ada pengaruh signifikan antara strategi guided note taking dengan media audio visual terhadap hasil belajar Fikih siswa di MTs. Sunan Kalijogo Sumur Cluwak Pati.Dengan dibuktikan hasil penelitian ini diharapkan MTs. Sunan Kalijogo Sumur senantiasa lebih meningkatkan aktifitas dan kreatifitas dalam pembelajaran Fikih.
Untuk file lengkapnya bisa diunduh melalui link di bawah:
==========================
==========================
Comments
Post a Comment