Skip to main content

PENERAPAN TEKNIK JOURNALING TERHADAP PENINGKATAN AKTUALISASI DIRI SISWA DALAM MATERI QUR’AN HADITS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktualisasi diri siswa di MA Nurul Ulum Welahan Jepara tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan teknik Journaling pada materi Qur’an Hadits kelas XI. bahwa setiap orang memiliki keinginan yang kuat untuk merealisasikan potensi potensi dalam dirinya, untuk mencapai tingkatan aktualisasi diri. Salah satu untuk pengaktualisasikan diri dengan pencurahan ekspresi bisa dirancang dalam catatan harian atau teknik journaling. Teknik Journaling adalah tehnik menulis jurnal (catatan harian) yang bertujuan memungkinkan anak untuk mengungkapkan dan mengeksternalisasikan pikiran, perasaan, dan kebutuhannya, ekspresi-ekspresi yang biasanya disimpan untuk ranah internal pribadi. Mata pelajaran dalam penelitian ini menggunakan mata pelajaran al-Qur’an-Hadis di Madrasah Aliyah yang menjadi salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari al-Qur’an-Hadis yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis One Group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara, sumber data dari siswa dan guru teknik pengumpulan data dengan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan, yaitu sebelum melakukan penelitian menunjukan (pre-tets) dikategorikan baik. Yaitu, berdasarkan nilai rata-rata angket 60,5 yang masuk dalam interval (55-64). Dan rata-rata nilai sesudah penerapan teknik Journaling (Post-test) dikategorikan baik, yaitu nilai rata-rata angket mencapai 81,25 yang masuk dalam interval (81-85). Kemudian berdasarkan hasil hitung t-test melalui hasil tes sebelum dan sesudah penerapan teknik journaling diperoleh angka 6,695. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan aktualisasi diri siswa dalam materi Qur’an Hadits kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara sebelum dan sesudah menggunakan teknik journaling dengan perbandingan thitung lebih besar dari ttabel (6,695 > 2,02 )

==================================

DOWNLOAD

==================================

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang