Skip to main content

PENERAPAN TEKNIK JOURNALING TERHADAP PENINGKATAN AKTUALISASI DIRI SISWA DALAM MATERI QUR’AN HADITS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktualisasi diri siswa di MA Nurul Ulum Welahan Jepara tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan teknik Journaling pada materi Qur’an Hadits kelas XI. bahwa setiap orang memiliki keinginan yang kuat untuk merealisasikan potensi potensi dalam dirinya, untuk mencapai tingkatan aktualisasi diri. Salah satu untuk pengaktualisasikan diri dengan pencurahan ekspresi bisa dirancang dalam catatan harian atau teknik journaling. Teknik Journaling adalah tehnik menulis jurnal (catatan harian) yang bertujuan memungkinkan anak untuk mengungkapkan dan mengeksternalisasikan pikiran, perasaan, dan kebutuhannya, ekspresi-ekspresi yang biasanya disimpan untuk ranah internal pribadi. Mata pelajaran dalam penelitian ini menggunakan mata pelajaran al-Qur’an-Hadis di Madrasah Aliyah yang menjadi salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari al-Qur’an-Hadis yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis One Group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara, sumber data dari siswa dan guru teknik pengumpulan data dengan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan, yaitu sebelum melakukan penelitian menunjukan (pre-tets) dikategorikan baik. Yaitu, berdasarkan nilai rata-rata angket 60,5 yang masuk dalam interval (55-64). Dan rata-rata nilai sesudah penerapan teknik Journaling (Post-test) dikategorikan baik, yaitu nilai rata-rata angket mencapai 81,25 yang masuk dalam interval (81-85). Kemudian berdasarkan hasil hitung t-test melalui hasil tes sebelum dan sesudah penerapan teknik journaling diperoleh angka 6,695. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan aktualisasi diri siswa dalam materi Qur’an Hadits kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara sebelum dan sesudah menggunakan teknik journaling dengan perbandingan thitung lebih besar dari ttabel (6,695 > 2,02 )

==================================

DOWNLOAD

==================================

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang