RINGKASAN MATERI ALGORITMA DAN PEMPROGRAMAN INFORMATIKA KELAS 8
RINGKASAN MATERI ALGORITMA DAN PEMPROGRAMAN
1. jenis-jenis permainan yang disediakan Blockly Games!
- Puzzle : Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai.
- Maze : Pemain diminta untuk menggerakkan sprite agar berjalan sampai tujuan.
- Bird : Pemain diminta untuk menggerakkan bird agar dapat mengambil cacing dan sampai ke sarangnya.
- Turtle : Pemain diminta untuk menggerakan turtle untuk menggambar sesuai pola yang disediakan.
- Movie : Pemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai instruksi.
- Music : Pemain diminta untuk membuat musik sederhana berdasarkan not balok yang diberikan.
- Pond Tutor : Pemain diminta untuk menggerakan sprite agar menembaki sprite target hingga darah dari sprite target habis.
- Pond : Permainan ini merupakan lanjutan dari permainan Pond Tutor. Pada permainan ini, sprite pemain memiliki 3 lawan.
2. Kode Control pada Scratch digunakan untuk mengatur jalannya program, yaitu perulangan dan kondisi. Dengan kode control yang tepat, kode program yang dibuat dapat menjadi lebih sederhana karena tidak perlu menuliskan hal yang sama berulang kali .
3. Scratch merupakan program koding untuk pemula yang lebih dianjurkan untuk anak-anak dibandingkan remaja / orang dewasa. Blockly juga merupakan program koding, akan tetapi mereka lebih canggih dan lebih dianjurkan untuk orang-orang yang lebih tua seperti remaja, orang dewasa, dll.
4. Tipe data yang terdapat pada Blockly :
Angka atau Bilangan (Number)
Teks atau String (Text)
Logika atau Boolean (Boolean)
Daftar atau Array (Array)
Objek atau Object (Object)
5. Pemrograman prosedural adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program.
6. ciri-ciri pemrograman prosedural!
- Diselesaikan dalam bentuk prosedur atau fungsi
- Program merupakan urut-urutan instruksi
- Program dipecah-pecah ke dalam subprogram yang lebih sederhana
- Fokus utama pada prosedur dan fungsi;
- Fungsi dan prosedur digunakan untuk memanipulasi data.
7. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memberi nama variabel!
- Nama variabel boleh diawali menggunakan huruf atau garis bawah (_) dan tidak dapat dimulai dengan angka (0-9), contoh: namasaya, _nama.
- Karakter pada variabel bersifat sensitif, artinya huruf kapital dan huruf kecil memiliki arti yang berbeda.
8. Custom Block adalah sebuah block pada Scratch yang dapat dibuat sendiri dan dapat disesuaikan fungsinya. Dalam konsep pemrograman pada umumnya, Custom Block dapat dianggap sebagai fungsi/prosedur
9. Ozobot dapat dinyalakan dan dimatikan dengan menekan tombol Power satu kali. Tekanlah tombol dengan halus, jangan ditekan berlebihan.
Post a Comment for "RINGKASAN MATERI ALGORITMA DAN PEMPROGRAMAN INFORMATIKA KELAS 8"