SOAL DAN KUNCI PENDIDIKAN PANCASILA ASAJ SMP KURMER TAHUN 2025
PETUNJUK KHUSUS
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada jawaban huruf A,B,C, atau D yang Anda pilih!
1. Perhatikan tabel berikut!
No | Usul Rumusan | No | Usul Rumusan |
(1) | Kebangsaan Indonesia | (6) | Mufakat/ Demokrasi |
(2) | Persatuan | (7) | Musyawarah |
(3) | Internasionalisme/ Peri kemanusiaan | (8) | Kesejahteraan sosial |
(4) | Kekeluargaan | (9) | Keadilan Rakyat |
(5) | Keseimbangan lahir dan batin | (10) | Ketuhanan yang Maha Esa |
Urutan rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Mr. Soepomo ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (3), (4), (8), dan (10)
B. (1), (3), (6), (8), dan (10)
C. (2), (4), (5), (7), dan (9)
D. (2), (4), (6), (7), dan (9)
2. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mengutamakan semangat primordialisme dan chauvinisme
(2) Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yang dihormati
(3) Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
(4) Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang tinggi
(5) Bersedia melakukan pengorbanan pribadi demi kepentingan bangsa dan negara
(6) Berupaya keras mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
Komitmen yang dimiliki para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan oleh sikap nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (6)
3. Perhatikan peristiwa berikut!
(1) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
(2) Pembentukan BPUPKI
(3) Perumusan Undang-Undang Dasar
(4) Pengesahan Undang-Undang Dasar
(5) Pembentukan PPKI
Urutan yang benar terkait proses perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945 ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (1), (2), (3), (5), dan (4)
C. (2), (3), (5), (1), dan (4)
D. (2), (3), (1), (5), dan (4)
4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menetapkan UUD NRI Tahun 1945
(2) Membentuk MPRS dan DPAS
(3) Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat
(4) Menetapkan bendera negara ialah Sang Merah Putih
(5) Membentuk Kabinet Kerja
(6) Memilih presiden dan wakil presiden yaitu Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta
Menurut pernyataan tersebut, hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (3), dan (5)
C. (1), (3), dan (6)
D. (2), (4), dan (6)
5. Perhatikan narasi di bawah ini!
Di sebuah lingkungan perkotaan yang padat penduduk, terdapat seorang pemuda bernama Andi. Andi adalah siswa kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP). Suatu hari, Andi mengendarai motornya dengan kecepatan tinggi tanpa menggunakan helm di jalan perumahan yang seharusnya hanya dilalui dengan kecepatan rendah. Saat itu, beberapa anak kecil sedang bermain di pinggir jalan. Warga sekitar menegur Andi karena tindakannya dianggap membahayakan. Namun, Andi justru membalas dengan kata-kata kasar dan tidak mengindahkan teguran tersebut.
Berdasarkan cerita narasi di atas, norma yang telah dilanggar oleh Andi adalah ….
A. norma agama dan norma kesusilaan
B. norma hukum dan norma sosial
C. norma sosial dan norma kesusilaan
D. norma hukum dan norma agama
6. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Wilayah Indonesia adalah seluruh Hindia Belanda
(2) Wilayah Indonesia adalah seluruh Hindia Belanda ditambah Malaya
(3) Wilayah Indonesia adalah seluruh Hindia Belanda ditambah Malaya, Borneo Utara, dan Timor
(4) Wilayah Indonesia adalah seluruh Hindia Belanda ditambah Malaya, Borneo Utara, Timor, dan Papua
Dari pernyataan di atas, yang merupakan wilayah Indonesia berdasarkan sidang BPUPK kedua ditunjukkan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
7. Pasal 18 ayat (2) UUD NRI Tahun 1945 yang berbunyi “Pemerintah daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.” Di bawah ini yang bukan peran daerah yaitu ....
A. mempertahankan bentuk dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
B. menyelenggarakan urusan pemerintahan, kecuali enam urusan yang menjadi kewenangan pusat
C. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan pendapatan masyarakat
D. mengembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis sesuai kehendak kepala daerah
8. Perhatikan informasi berikut!
Di Indonesia terdapat ribuan pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak. Kondisi antara satu pulau dengan pulau lainnya tidak sama. Demikian pula ukuran pulau yang ada tidaklah sama. Terdapat lima pulau besar dan ribuan pulau kecil. Kelima pulau besar tersebut antara lain Kalimantan, Sumatra, Papua, Sulawesi, dan Jawa. Pulau Kalimantan dan Papua masing-masing berbatasan dengan negara lain.
Berdasarkan informasi tersebut bisa disimpulkan salah satu faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia yaitu ....
A. perbedaan kondisi alam
B. kondisi negara kepulauan
C. letak wilayah Indonesia yang strategis
D. keadaan transportasi dan komunikasi
9. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
(1) Masyarakat Desa Sukatani mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan desa
(2) Andi mempunyai teman dari berbagai suku
(3) Presiden memberikan pidato dengan tema “Membangun Semangat Persatuan dan Kesatuan”
(4) Konflik yang terjadi dalam lingkungan masyarakat desa diselesaikan di pengadilan
(5) Irwan memarkir sepeda dengan rapi di tempat parkIr
(6) Amir berpamitan kepada orang tua untuk pergi sekolah
Pernyataan yang tidak sesuai dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (5), dan (6)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (6)
10. Suku adalah kelompok manusia yang terikat oleh kesadaran dan jati diri mereka akan kesatuan kebudayaan mereka. Setiap suku bangsa memiliki ciri- ciri yang khas. Berikut ini ciri-ciri mendasar yang membedakan suku bangsa satu dengan lainnya adalah ....
A. partai politik, adat istiadat, sistem agama, kesenian daerah, dan keturunan
B. bahasa daerah, agama, ekonomi, kesenian daerah, dan partai politik
C. bahasa daerah, aliran politik, agama, kesenian daerah, dan teknologi modern
D. bahasa daerah, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal
11. Kebiasaan-kebiasaan terkait dengan siklus kehidupan maupun kegiatan bersama masyarakat. Di antara kebiasaan itu antara lain menyangkut kelahiran bayi, khitanan atau tradisi menyambut akil baliq, tradisi dalam pernikahan, hingga tradisi terkait kematian, hal ini disebut dengan ....
A. tradisi lokal
B. situs budaya
C. budaya lokal
D. kesenian tradisional
12. Perubahan gaya hidup masyarakat di Indonesia serta berkembangnya masakan luar negeri dan makanan cepat saji menjadi menu favorit kebanyakan masyarakat. Hal tersebut ternyata memengaruhi keberadaan makanan nusantara yang sekarang sudah langka ditemukan dan terancam punah. Hal yang perlu dilakukan bagi generasi muda adalah ....
A. tidak usah mempedulikan karena makanan nusantara tidak enak
B. menikmati dengan rasa bangga karena masakan nusantara memiliki cita rasa yang khas
C. mencampur makanan tradisional dengan masakan luar negeri biar lebih nikmat
D. memakan makanan nusantara karena untuk menghormati orang tua
13. Perhatikan kegiatan berikut!
(1) Ani dan Budi bersama-sama sedang mengerjakan tugas dari guru
(2) Warga desa sedang melaksanakan pembangunan jalan pertanian
(3) Sekelompok orang sedang memanjat pinang dalam perayaan hari kemerdekaan
(4) Ayah, ibu dan kedua anaknya sedang membersihkan lingkungan rumah
Kegiatan yang mencerminkan gotong royong ditunjukkan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
14. Kendala yang sering dihadapi dalam pelaksanaan gotong royong di masyarakat adalah kurangnya kesadaran individu. Cara efektif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam gotong royong adalah ....
A. memberikan hadiah kepada warga yang paling aktif bergotong royong
B. memaksa setiap warga untuk ikut serta dalam setiap kegiatan sosial
C. membangun kesadaran melalui pendidikan dan keteladanan dari tokoh masyarakat
D. mengandalkan hanya kelompok tertentu untuk melakukan pekerjaan sosial
15. Dalam menghadapi tantangan modernisasi, budaya gotong royong di masyarakat mengalami berbagai dinamika. Faktor-faktor dibawah ini dapat menyebabkan melemahnya semangat gotong royong dalam kehidupan masyarakat, kecuali ....
A. meningkatnya individualisme dan persaingan dalam kehidupan ekonomi
B. perubahan pola komunikasi dari tatap muka menjadi digital yang mengurangi interaksi sosial langsung
C. bertambahnya jumlah penduduk yang membuat gotong royong sulit diterapkan
D. globalisasi yang memperkenalkan budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai gotong royong
16. Bagi bangsa Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa untuk mengatur pemerintahan dan tatanan masyarakat Indonesia. Manfaat Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dapat ditunjukkan oleh pernyataan berikut ini kecuali ....
A. merupakan kristalisasi nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad untuk mewujudkannya
B. memberikan jawaban terhadap tantangan dan hambatan yang dihadapi bangsa Indonesia dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik
C. sebagai asas berdirinya negara Indonesia
D. membentuk warga negara Indonesia berkarakter Pancasila
17. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila sebagai dasar dalam mengatur ketatanegaraan negara Indonesia
(2) Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia
(3) Pancasila sebagai pandangan hidup artinya Pancasila sebagai pedoman dalam menyelenggarakan ketatanegaraan negara Indonesia
(4) Pancasila sebagai pandangan hidup artinya Pancasila sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia
Perbedaan arti Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup ditunjukkan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
18. Pancasila mempunyai fungsi sebagai hal yang memberikan corak khas bangsa Indonesia dan menjadi pembeda yang membedakan bangsa kita dengan bangsa yang lain. Hal ini merupakan pengertian fungsi Pancasila sebagai ....
A. dasar negara
B. falsafah bangsa
C. perjanjian luhur Indonesia
D. kepribadian bangsa
19. Perhatikan ilustrasi berikut!
Di sebuah daerah pedesaan yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembangunan pusat perbelanjaan modern dan gedung-gedung perkantoran. Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menarik investor ke daerah tersebut. Namun, keputusan ini menuai banyak protes dari masyarakat setempat. Para petani berpendapat alih-alih membangun pusat perbelanjaan, mereka lebih membutuhkan perbaikan infrastruktur pertanian, seperti irigasi yang memadai, penyediaan pupuk bersubsidi, serta akses jalan yang lebih baik untuk mengangkut hasil panen ke pasar. Selain itu, pembangunan pusat perbelanjaan justru mengurangi lahan pertanian yang selama ini menjadi sumber penghidupan mereka.
Ilustrasi tersebut menunjukkan salah satu kekurangan sistem sentralisasi, yaitu ....
A. kebijakan tidak sesuai dengan kebutuhan daerah
B. kebijakan mampu mengakomodasi kebutuhan daerah
C. munculnya penyimpangan terhadap pelaksanaan kebijakan
D. munculnya perbedaan pandangan tentang keseragaman kebijakan
20. Perhatikan ciri-ciri berikut!
(1) Segala urusan negara langsung diatur dan diurusi oleh pemerintah pusat
(2) Terdapat pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah
(3) Pemerintah daerah tidak mempunyai hak otonom untuk mengatur rumah tangganya sendiri
(4) Kewenangan yang dimiliki daerah adalah suatu wewenang yang diberikan oleh pemerintah pusat
(5) Daerah diberi hak otonomi oleh pemerintah pusat
Ciri-ciri negara kesatuan dengan sistem desentralisasi ditunjukkan oleh angka ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (4), dan (5)
21. Perhatikan ketentuan pasal 28C UUD NRI Tahun 1945 berikut!
“Setiap orang berhak untuk mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, mendapat pendidikan, dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.”
Ketentuan tersebut berhubungan dengan karakteristik negara hukum, yaitu ....
A. terdapat pembagian kekuasaan
B. legalitas dalam arti hukum itu sendiri
C. sistem peradilan yang bebas dan tidak memihak
D. perlindungan dan pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM)
22. Dalam sistem pemerintahan Indonesia, Presiden memiliki dua peran utama, yaitu sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Dibawah ini tugas dan wewenang Presiden sebagai kepala pemerintahan menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hasil amandemen, kecuali ....
A. mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR
B. menetapkan peraturan pemerintah
C. mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri negara
D. memberi gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan lainnya
23. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Parlemen dapat menggunakan mosi tidak percaya kepada kabinet
(2) Presiden memiliki hak prerogratif
(3) Kekuasaan kepala negara terbatas
(4) Eksekutif tidak bertanggung jawab kepada legislatif
(5) Masa jabatan kepala negara seumur hidup
(6) Masa jabatan eksekutif ditentukan masa waktunya
Pernyataan berikut yang merupakan ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial ditunjukkan oleh angka ....
A. (1), (3), dan (5)
B. (1), (4), dan (6)
C. (2), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (6)
24. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Melalui Sumpah Pemuda, tanah air, bangsa dan bahasa dapat diwujudkan untuk bersatu.
(2) Dengan Sumpah Pemuda berbagai perjuangan bangsa Indonesia tidak lagi bersifat kedaerahan, tetapi bersifat nasional.
(3) Melalui Sumpah Pemuda tidak ada lagi perjuangan dari daerah.
(4) Dengan Sumpah Pemuda berbagai perbedaan dapat disatukan.
Peranan Sumpah Pemuda yang sangat penting ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
25. Kebangkitan Nasional adalah periode dalam sejarah Indonesia yang menandai munculnya kesadaran dan semangat persatuan serta nasionalisme di kalangan rakyat Indonesia. Salah satu dampak utama dari Kebangkitan Nasional terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah ....
A. perubahan strategi perjuangan dari yang sebelumnya bersifat kedaerahan dan sporadis menjadi perjuangan yang lebih terorganisir serta mengutamakan diplomasi
B. meningkatnya pengaruh kolonial dalam sistem pemerintahan karena adanya kerja sama antara kaum intelektual pribumi dan pihak penjajah
C. berkembangnya perlawanan fisik yang semakin intensif sebagai satu-satunya bentuk perlawanan yang diakui oleh para pemimpin nasional
D. melemahnya ikatan sosial antara masyarakat di berbagai daerah karena munculnya berbagai organisasi yang memiliki visi perjuangan yang berbeda
26. Pesan yang disampaikan dari satu generasi ke generasi berikutnya atau secara temurun. Disampaikan melalui tutur (ucapan), pidato, nyanyian/ lagu, pantun, cerita rakyat, nasihat, dan balada adalah salah satu objek pemajuan kebudayaan yaitu ....
A. tradisi lisan
B. manuskrip
C. adat istiadat
D. ritus
27. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional yaitu ....
A. mewujudkan masyarakat madani
B. meningkatkan kesejahteran rakyat
C. memperkaya keberagaman budaya
D. memperteguh jati diri bangsa
28. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mampu menerapkan etika literasi digital saat menggunakan internet
(2) Memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemajuan bangsa
(3) Menghindari menulis dan mempublikasi konten yang bisa menimbulkan kegaduhan dan pertikaian.
(4) Mengurangi penggunaan internet agar terhindar dari berita hoax
Merawat kebinekaan bangsa melalui literasi digital dapat dilakukan dengan cara seperti yang ditunjukkan pada nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
29. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Semakin banyak orang yang menggunggah semakin meluas jangkauan dan jelajahnya
(2) Timbul rasa tanggung jawab dan bijak dalam menggunakan jejaring sosial
(3) Mewujudkan dunia maya yang kondusif dan produktif
(4) Beragam informasi yang disajikan akan baik
Dengan menerapkan etika berinternet (netiket) saat berselancar di dunia maya diharapkan dapat terwujud hal-hal yang ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
30. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Selalu mendapatkan informasi yang baru
(2) Selalu terhubung dengan banyak hal
(3) Dapat mencari, mempelajari, menggunakan, dan membandingkan informasi yang didapat
(4) Dapat mengunduh dan membagikan semua konten
Manfaat literasi digital ditunjukkan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
31. Perhatikan contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila berikut!
(1) Pengurus OSIS mengadakan bakti sosial untuk membantu korban bencana alam.
(2) Pemerintah memberikan kebebasan bagi warga negara untuk melaksanakan ibadah sesuai agama yang dianutnya.
(3) Menghargai pendapat orang lain.
(4) Bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
(5) Pemerintah menyediakan kursi prioritas bagi lansia dan penyandang disabilitas.
Apabila contoh implementasi nilai disusun sesuai hierarki nilai Pancasila, susunan yang benar ditunjukkan oleh angka ....
A. (1), (2), (3), (4), dan (5)
B. (2), (5), (1), (3), dan (4)
C. (3), (1), (4), (5), dan (2)
D. (2), (1), (4), (3), dan (5)
32. Perhatikan cerita berikut ini!
Dalam sebuah komunitas multikultural di kota besar, terdapat berbagai kelompok masyarakat dengan latar belakang budaya, agama, dan kebiasaan yang berbeda. Pemerintah setempat berupaya menjaga kerukunan dengan mengadakan forum diskusi antarumat beragama serta kegiatan sosial yang melibatkan semua elemen masyarakat. Namun, di media sosial, masih sering terjadi perdebatan tajam dan penyebaran informasi yang dapat memicu perpecahan di tengah masyarakat.
Dalam konteks ini, implementasi nilai Pancasila, khususnya sila pertama dan ketiga, dapat dijalankan secara efektif ditunjukkan oleh pernyataan ....
A. dengan memperkuat identitas kelompok tertentu agar lebih dominan dalam masyarakat sehingga nilai-nilai agama dan persatuan dapat lebih terjaga
B. dengan mendorong masyarakat untuk tidak membahas perbedaan agama dan budaya agar tidak menimbulkan konflik yang berpotensi memecah belah persatuan
C. dengan mengedepankan toleransi, dialog yang sehat, serta sikap saling menghormati di antara kelompok masyarakat tanpa menghilangkan identitas masing-masing
D. dengan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah untuk mengatur hubungan antarumat beragama, sehingga masyarakat tidak perlu terlibat langsung dalam menjaga persatuan
33. Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki hubungan yang erat dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Dalam konteks hubungan tersebut, pernyataan yang paling tepat menggambarkan peran Pancasila terhadap UUD 1945 adalah ....
A. Pancasila berfungsi sebagai sumber hukum tertinggi yang mengatur seluruh isi UUD 1945 secara eksplisit dalam setiap pasalnya
B. UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan bentuk operasionalisasi nilai-nilai Pancasila dalam sistem hukum dan pemerintahan negara, namun tetap dapat berubah tanpa mempertimbangkan nilai-nilai Pancasila
C. Pancasila menjadi dasar filosofis yang mendasari penyusunan dan interpretasi UUD 1945, sehingga setiap perubahan konstitusi harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
D. hubungan antara Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bersifat fleksibel, di mana UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dapat disesuaikan dengan dinamika sosial tanpa terikat oleh nilai-nilai Pancasila secara mutlak
34. Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman. Setiap penduduk dari Sabang sampai Merauke terdiri atas suku bangsa, agama dan kepercayaan, bahasa, serta kondisi sosial ekonomi yang berbeda. Hubungan antara Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia adalah Pancasila ....
A. sebagai dasar negara menjamin persatuan nasional, sedangkan Bhinneka Tunggal Ika hanya sebatas semboyan yang tidak memiliki implikasi nyata dalam kehidupan sosial
B. memberikan landasan filosofis bagi keberagaman, sedangkan Bhinneka Tunggal Ika menegaskan bahwa keberagaman tersebut tetap berada dalam satu kesatuan bangsa
C. dan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna yang sama, yaitu sebagai alat pemersatu tanpa perbedaan fungsi dan peran dalam sistem kenegaraan
D. dan Bhinneka Tunggal Ika dapat berjalan sendiri-sendiri karena masing-masing memiliki peran yang tidak berkaitan dalam kehidupan bermasyarakat
35. Dalam mempertahankan NKRI, nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam bidang politik, prinsip Pancasila dapat menjaga stabilitas demokrasi dan keutuhan NKRI ditunjukkan oleh pernyataan dengan ....
A. memastikan bahwa setiap kebijakan pemerintah bersifat otoriter agar mampu mengendalikan segala bentuk ancaman terhadap stabilitas nasional
B. membangun sistem politik yang mengutamakan kepentingan mayoritas dan membatasi partisipasi kelompok minoritas guna menjaga ketertiban sosial
C. menerapkan prinsip musyawarah dalam pengambilan keputusan politik yang mempertimbangkan aspirasi seluruh elemen masyarakat secara proporsional
D. memberikan kebebasan tanpa batas kepada setiap individu untuk mengekspresikan pendapatnya meskipun dapat mengancam harmoni sosial dan persatuan nasional
36. Pasal 30 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 mengatur bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Ini menunjukkan bahwa ....
A. hak dan kewajiban warga negara adalah sama
B. hak warga negara lebih penting dari kewajiban
C. kewajiban warga negara tidak ada kaitannya dengan hak
D. hak dan kewajiban warga negara saling berkaitan
37. Perhatikan berita berikut!
KBRN, Kupang : Relawan GARAMIN NTT Yakob Osingmahi mengatakan, pendidikan yang inklusi merupakan wujud kesetaraan bagi semua anak tanpa adanya diskriminasi. “Sebenarnya masyarakat inklusi tidak jauh berbeda dengan masyarakat pada umumnya. Ini memberikan kesempatan yang sama untuk setiap anak termasuk didalamnya ada anak dengan disabilitas,” kata Yakob kepada RRI, Senin (24/2/2025).
Menurut Yakob Osingmahi pemahaman yang kurang tentang kebutuhan anak-anak disabilitas menjadi kendala utama untuk mewujudkan masyarakat inklusi. Dikatakan, stigma sosial seringkali menjadi hambatan bagi anak-anak difabel untuk mendapatkan masyarakat di sekolah-sekolah umum.
Sumber:https://www.rri.co.id/daerah/1345236/anak-dengan-disabilitas-memiliki-hak-mendapat-pendidikan
Berdasarkan informasi tersebut, hak warga negara yang ditegaskan dalam ketentuan UUD NRI Tahun 1945 yaitu pasal ....
A. 29
B. 30
C. 31
D. 32
38. Dalam sistem pemerintahan demokratis yang menjunjung supremasi hukum, hak dan kewajiban warga negara memiliki hubungan yang saling berkaitan. Salah satu bentuk implementasi hubungan tersebut dalam konteks hak asasi manusia adalah ....
A. warga negara memiliki kebebasan mutlak dalam mengekspresikan pendapatnya, termasuk dalam bentuk ujaran kebencian, karena hal tersebut merupakan bagian dari hak dasar yang dijamin konstitusi
B. pemerintah berhak mencabut hak warga negara dalam situasi tertentu, seperti dalam keadaan darurat, tanpa perlu memberikan dasar hukum atau pertimbangan hak asasi manusia
C. setiap warga negara yang menuntut haknya harus terlebih dahulu memenuhi seluruh kewajibannya, karena hak hanya diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kepatuhan terhadap hukum
D. hak dan kewajiban warga negara harus berjalan seimbang, di mana pelaksanaan hak tidak boleh mengabaikan kewajiban, serta batasannya ditentukan oleh hukum dan kepentingan umum
39. Dalam kehidupan bernegara, hak warga negara untuk menyampaikan pendapat dijamin oleh konstitusi. Namun, hak ini juga harus dibarengi dengan kewajiban untuk bertanggung jawab atas dampak dari pendapat yang disampaikan. Dalam konteks kebebasan berekspresi di era digital, cara terbaik bagi warga negara untuk menjalankan hak ini tanpa melanggar kewajibannya adalah ....
A. menggunakan kebebasan berekspresi secara mutlak tanpa perlu mempertimbangkan dampak sosial atau hukum dari pernyataan yang dibuat
B. menyampaikan pendapat dengan tetap menghormati hak orang lain dan tidak menyebarkan informasi yang dapat menimbulkan konflik atau perpecahan
C. menghindari penggunaan media sosial untuk menyampaikan pendapat guna mencegah potensi pelanggaran hukum terkait ujaran kebencian
D. menjalankan hak kebebasan berekspresi hanya jika mendapatkan izin resmi dari pihak berwenang tanpa memastikan ada tidaknya dampak negatif yang muncul
40. Keterbukaan informasi publik merupakan salah satu pilar penting dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan partisipatif. Tujuan pengaturan keterbukaan informasi publik dalam undang-undang antara lain sebagai berikut, kecuali ....
A. menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan masyarakat
B. mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan masyarakat
C. meningkatkan peran pasif masyarakat dalam pengambilan kebijakan masyarakat
D. mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik
41. Dalam konteks keterbukaan informasi, kemerdekaan berpendapat dijamin oleh konstitusi, tetapi tetap memiliki batasan hukum dan etika. Dari pernyataan berikut yang menunjukkan penerapan kemerdekaan berpendapat yang bertanggung jawab dalam keterbukaan informasi adalah ....
A. mengungkap data rahasia pemerintah yang berkaitan dengan kebijakan masyarakat agar masyarakat mengetahui kebenaran
B. menyebarluaskan informasi yang belum terverifikasi kebenarannya selama itu mendukung kepentingan masyarakat luas
C. mengkritik kebijakan pemerintah dengan menyertakan data yang akurat dan sumber yang dapat dipertanggungjawabkan
D. menggunakan media sosial untuk menyuarakan pendapat pribadi tanpa mempertimbangkan dampaknya terhadap kelompok lain
42. Kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara demonstratif di muka umum dengan aman dan tertib disebut ....
A. mimbar bebas
B. pawai
C. unjuk rasa
D. karnaval
43. Perhatikan pernyataan berikut!
Di berbagai daerah di Indonesia, tradisi dan kearifan lokal memiliki peran penting dalam membentuk identitas budaya serta menjaga keseimbangan sosial dan lingkungan. Namun, dalam menghadapi modernisasi dan globalisasi, banyak kearifan lokal yang mulai ditinggalkan atau berubah bentuk. Strategi berikut ini sering digunakan untuk menjaga keberlanjutan tradisi dan kearifan lokal di tengah perkembangan zaman.
Strategi berikut yang paling efektif dalam menjaga eksistensi tradisi dan kearifan lokal tanpa menghambat inovasi dan kemajuan sosial adalah ....
A. menjadikan tradisi dan kearifan lokal sebagai hukum adat yang mengikat dan tidak boleh diubah dalam bentuk apa pun, agar tetap terjaga keasliannya
B. mempromosikan tradisi dan budaya lokal sebagai satu-satunya identitas nasional yang harus diutamakan di atas segala bentuk budaya asing untuk mencegah pergeseran nilai
C. meningkatkan eksklusivitas tradisi lokal dengan membatasi akses orang luar untuk mencegah pengaruh budaya global yang dapat mengubah keasliannya
D. mengadaptasi tradisi dan kearifan lokal ke dalam kehidupan modern dengan tetap mempertahankan nilai-nilai inti yang mendasarinya
44. Perhatikan ilustrasi berikut!
Di sebuah desa yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Jawa, hiduplah seorang pemuda bernama Arya. Ia dikenal sebagai orang yang cerdas, tetapi sering kali berbicara kasar dan tidak menghargai orang lain. Sebaliknya, sahabatnya, Bagas, selalu berbicara dengan sopan, penuh tata krama, dan menghormati siapa pun yang ia temui.
Suatu hari, keduanya mengikuti seleksi untuk menjadi asisten bupati dalam program pembangunan desa. Saat sesi wawancara, Arya datang dengan pakaian yang sangat rapi dan mahal, tetapi ia menjawab pertanyaan dengan nada meremehkan. Sementara itu, Bagas mengenakan pakaian sederhana tetapi menjawab dengan penuh hormat dan kebijaksanaan. Setelah proses seleksi, hanya Bagas yang terpilih untuk posisi tersebut.
Berdasarkan bacaan di atas, sesuai dengan filosofinya yaitu ....
A. Ajining Diri Saka Lathi, Ajining Raga Saka Busana
B. Tri Hita Karana
C. Cageur, Bageur, Bener, Singer dan Pinter
D. Lojor Teu Meunang Dipotong, Pondok Teu Meunang Disambung
45. Dalam budaya Jawa, terdapat ritual yang disebut Tedhak Siten. Tradisi ini dilakukan dengan tujuan ....
A. memperkenalkan bayi kepada tanah sebagai simbol kesiapan untuk berjalan dan menghadapi kehidupan
B. memberikan restu kepada anak yang akan memasuki usia remaja melalui doa dan sesaji
C. mempererat hubungan antara keluarga melalui simbol pemberian kain batik kepada anak
D. memohon keselamatan bayi melalui ritual air suci dan penanaman pohon keluarga
46. Salah satu tradisi yang masih bertahan dalam masyarakat Indonesia adalah Ma’Nene dari suku Toraja, di mana jenazah leluhur dibersihkan dan dikenakan pakaian baru sebagai bentuk penghormatan. Dalam perspektif nilai sosial, tradisi ini mencerminkan hubungan antara generasi tua dan muda yang ditunjukkan oleh pernyataan di bawah ini, yaitu ....
A. tradisi ini memperkuat ikatan keluarga dengan menanamkan rasa hormat kepada leluhur dan mengajarkan pentingnya menjaga warisan budaya
B. upacara ini menunjukkan bahwa masyarakat Toraja lebih menghargai leluhur yang telah meninggal dibandingkan anggota keluarga yang masih hidup
C. dengan menjaga jenazah leluhur dalam kondisi yang baik, tradisi ini memastikan bahwa hubungan keluarga tetap kuat meskipun tanpa interaksi langsung
D. tradisi ini menjadi lebih bersifat simbolis tanpa dampak nyata terhadap hubungan sosial, karena lebih menekankan aspek ritual daripada nilai kebersamaan
47. Salah satu cita-cita bangsa Indonesia adalah membentuk satu persahabatan yang baik antara Indonesia dengan negara lain di dunia karena dapat membawa manfaat di berbagai bidang sebagai berikut, kecuali ....
A. ideologi adalah sebagai pelindung dan pengakuan bentuk ideologi bangsa Indonesia.
B. politik adalah mampu memudahkan terciptanya jalinan diplomasi pemerintah Indonesia dengan negara lain
C. ekonomi adalah mampu meningkatkan kesejahteraan perekonomian pengusaha di Indonesia
D. sosial budaya adalah mampu mengenalkan budaya demi menjaga eksistensi bangsa Indonesia di kancah internasional
48. Perhatikan pernyataan berikut!
Kesenjangan atau perbedaan akses dapat dirasakan oleh penduduk di daerah perkotaan dan perdesaan di Indonesia. Penduduk perkotaan relatif memiliki akses memadai terkait fasilitas publik seperti fasilitas kesehatan, pendidikan, transportasi publik, dan fasilitas lainnya. Sementara itu, penduduk perdesaan memiliki keterbatasan untuk memanfaatkan fasilitas publik. Kondisi tersebut berpengaruh pada percepatan pembangunan yang berbeda-beda di setiap daerah. Daerah-daerah yang memiliki akses baik akan lebih mudah melaksanakan pembangunan di berbagai bidang.
Hal tersebut merupakan tantangan dalam upaya mempertahankan wilayah NKRI ....
A. akses antardaerah kurang setara
B. isu pertahanan dan keamanan
C. persebaran penduduk yang belum merata
D. wilayah Indonesia yang luas
49. Salah satu tantangan terbesar dalam menjaga keutuhan NKRI di era digital adalah penyebaran hoaks dan disinformasi yang dapat memicu perpecahan. Strategi terbaik yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal ini adalah ....
A. meningkatkan literasi digital masyarakat agar mampu memilah informasi yang benar dan salah
B. menghapus semua konten yang berpotensi menimbulkan perpecahan tanpa pengecualian
C. membatasi kebebasan berekspresi di media sosial agar tidak ada provokasi yang dapat memecah belah bangsa
D. memblokir semua situs luar negeri yang menyebarkan pandangan berbeda dari ideologi negara
50. Upaya mempertahankan kesatuan dan persatuan NKRI dapat dilakukan dengan menerapkan Pancasila, Pancasila sebagai landasan melaksanakan pembangunan nasional dan menegakkan wujud cita-cita bangsa Indonesia sebagai berikut, kecuali ....
A. mewujudkan masyarakat Indonesia yang terkenal di dunia internasional
B. mewujudkan satu Negara Republik Indonesia yang berbentuk kesatuan dan negara kebangsaan yang demokratis
C. membentuk satu masyarakat adil dan makmur material dan spiritual dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
D. membentuk satu persahabatan yang baik antara Indonesia dengan negara lain di dunia atas dasar saling menghormati dan ikut menciptaka ketertiban dunia
II. Jawablah pertanyaan berikut secara jelas dan benar!
1. Perhatikan gambar berikut ini!
Berdasarkan gambar ilustrasi tersebut, jelaskan norma apa saja yang telah dilanggar, kemudian jelaskan alasannya!
2. Hak dan kewajiban siswa di sekolah merupakan dua aspek penting yang harus dipahami dan dilaksanakan dengan seimbang. Dengan memahami dan menjalankan hak serta kewajiban ini, siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan kondusif bagi perkembangan pribadi dan akademik mereka. Identifikasilah 3 (tiga) hak dan kewajiban siswa di lingkungan sekolah!
3. Kekuasaan negara di Indonesia didasarkan pada prinsip kedaulatan rakyat sebagaimana tercantum dalam UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945. Sebagai negara demokrasi, Indonesia menerapkan sistem pembagian kekuasaan yang terbagi menjadi eksekutif, legislatif, dan yudikatif, yang masing-masing memiliki peran dan fungsi tersendiri dalam menjalankan pemerintahan. Kekuasaan negara ini bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, menegakkan hukum dan keadilan, serta menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa. Dengan sistem yang telah diatur dalam konstitusi, kekuasaan negara di Indonesia diharapkan dapat berjalan secara adil, transparan, dan berpihak kepada kepentingan rakyat. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasan eksekutif, kekuasan legislatif dan kekuasan yudikatif dalam ketatanegaran Indonesia serta tuliskan lembaga negara apa saja yang memiliki kekuasaan tersebut!
4. Perhatikan narasi berikut!
Di sebuah sekolah, para siswa diberikan kebebasan untuk mengutarakan pendapat mereka tentang berbagai kebijakan sekolah, termasuk aturan berpakaian, penggunaan handphone di kelas, serta kegiatan ekstrakurikuler. Namun, dalam beberapa diskusi, ada siswa yang menyampaikan pendapat dengan nada kasar dan tidak menghormati teman atau guru. Akibatnya, muncul perdebatan sengit yang menyebabkan ketegangan di antara siswa.
Beberapa siswa merasa bahwa mereka berhak berbicara bebas tanpa batasan, sementara yang lain berpendapat bahwa kebebasan berbicara harus tetap menghormati orang lain. Guru mencoba menengahi dengan mengajak siswa berdiskusi tentang bagaimana menyampaikan pendapat yang baik tanpa menyinggung orang lain.
Bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah di sekolah tersebut? Jelaskan analisis Anda dengan mengaitkan minimal tiga sila dalam Pancasila dan bagaimana penerapannya dalam situasi ini!
5. Generasi muda merupakan generasi yang dapat dengan mudah mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan, misal drama korea, lagu-lagu dari bangsa lain, hal ini menyebabkan generasi muda dapat dengan mudah melupakan budaya Indonesia. Identifikasilah 4 (empat) sikap atau perilaku yang dapat dilakukan oleh generasi muda untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia di tengah arus globalisasi!
KUNCI JAWABAN
I. Pilihan Ganda
NO | KUNCI | NO | KUNCI | NO | KUNCI | NO | KUNCI | NO | KUNCI |
1 | C | 11 | A | 21 | D | 31 | D | 41 | C |
2 | D | 12 | B | 22 | D | 32 | C | 42 | C |
3 | C | 13 | B | 23 | D | 33 | C | 43 | D |
4 | C | 14 | C | 24 | B | 34 | B | 44 | A |
5 | B | 15 | C | 25 | A | 35 | C | 45 | A |
6 | D | 16 | C | 26 | A | 36 | D | 46 | A |
7 | D | 17 | C | 27 | D | 37 | C | 47 | C |
8 | B | 18 | D | 28 | A | 38 | D | 48 | A |
9 | D | 19 | A | 29 | D | 39 | B | 49 | A |
10 | D | 20 | D | 30 | A | 40 | C | 50 | A |
Ket: Masing-masing nomor skornya 1, sehingga 50 nomor skor maksimalnya 50.
II. Uraian
1. Norma apa saja yang telah dilanggar dan alasannya
-norma agama sebab setiap agama jelas melarang manusia untuk menyakiti sesama
-norma kesusilaan sebab nurani manusia tidak dapat memungkiri bahwa bullying merupakan tindakan yang salah
-norma hukum, dilihat dari aspek hukum jelas tindakan bullying melanggar UU perlindungan anak, bahkan jika dalam bullyingnya mengandung unsur pidana, dapat melangggar KUHP.
(Analisis jawaban sesuai kebijaksanaan guru)
2. Beberapa contoh hak dan kewajiban siswa di lingkungan sekolah:
Hak Siswa:
· Mendapatkan Pendidikan – Siswa berhak memperoleh pembelajaran yang layak dan sesuai dengan kurikulum.
· Mendapat Perlakuan yang Adil – Siswa berhak diperlakukan dengan adil tanpa diskriminasi.
· Menggunakan Fasilitas Sekolah – Berhak menggunakan perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, dan fasilitas lain yang tersedia.
· Menyampaikan Pendapat – Berhak menyampaikan pendapat atau aspirasi dengan cara yang sopan dan sesuai aturan sekolah.
· Mendapat Perlindungan – Berhak merasa aman dari segala bentuk kekerasan, perundungan (bullying), atau diskriminasi di sekolah.
Kewajiban Siswa:
· Belajar dengan Sungguh-sungguh – Wajib mengikuti pelajaran dengan penuh perhatian dan tanggung jawab.
· Mematuhi Peraturan Sekolah – Wajib menaati tata tertib, seperti memakai seragam sesuai aturan dan datang tepat waktu.
· Menghormati Guru dan Teman – Wajib bersikap sopan kepada guru, staf sekolah, serta sesama siswa.
· Menjaga Kebersihan dan Kerapihan – Wajib membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
· Menggunakan Fasilitas Sekolah dengan Baik – Wajib menjaga fasilitas sekolah agar tetap bersih dan tidak merusaknya.
(sesuai kebijaksanaan guru)
3. Dalam ketatanegaraan Indonesia, kekuasaan pemerintahan dibagi menjadi tiga cabang utama, yaitu kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pembagian ini didasarkan pada teori Trias Politica yang bertujuan untuk menciptakan sistem pemerintahan yang seimbang dan mencegah penyalahgunaan kekuasaan. Berikut adalah penjelasan masing-masing kekuasaan beserta lembaga yang berwenang:
1. Kekuasaan Eksekutif
Pengertian:
Kekuasaan eksekutif adalah kekuasaan yang bertugas untuk menjalankan undang-undang dan mengelola pemerintahan negara.
Lembaga yang Memiliki Kekuasaan Eksekutif:
· Presiden dan Wakil Presiden → Bertindak sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, menjalankan roda pemerintahan serta membuat kebijakan nasional.
· Kementerian Negara → Membantu Presiden dalam menjalankan tugas pemerintahan di berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, keuangan, dan pertahanan.
2. Kekuasaan Legislatif
Pengertian:
Kekuasaan legislatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk membuat, mengesahkan, dan mengawasi pelaksanaan undang-undang.
Lembaga yang Memiliki Kekuasaan Legislatif:
· Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) → Membentuk undang-undang bersama Presiden, menyusun anggaran negara (APBN), serta mengawasi jalannya pemerintahan.
· Dewan Perwakilan Daerah (DPD) → Mewakili aspirasi daerah dalam pembentukan kebijakan dan peraturan perundang-undangan terkait daerah.
3. Kekuasaan Yudikatif
Pengertian:
Kekuasaan yudikatif adalah kekuasaan yang bertugas untuk menegakkan hukum dan keadilan serta mengawasi pelaksanaan undang-undang.
Lembaga yang Memiliki Kekuasaan Yudikatif:
· Mahkamah Agung (MA) → Mengawasi peradilan di semua tingkatan dan memutuskan perkara kasasi.
· Mahkamah Konstitusi (MK) → Menguji undang-undang terhadap UUD 1945, memutuskan sengketa kewenangan antar lembaga negara, dan menangani sengketa hasil pemilu.
4. Untuk menyelesaikan masalah di sekolah tersebut, nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan sebagai berikut:
· Sila Kedua (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
Siswa harus menyadari bahwa kebebasan berbicara tidak boleh digunakan untuk menyakiti atau merendahkan orang lain. Mereka harus berbicara dengan sopan, menghormati pendapat teman, dan tidak menggunakan kata-kata kasar.
· Sila Keempat (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan)
Dalam diskusi, siswa sebaiknya menggunakan musyawarah untuk mencapai keputusan bersama. Mereka perlu mendengarkan pendapat orang lain dengan terbuka dan mencari solusi yang adil tanpa harus bertengkar.
· Sila Ketiga (Persatuan Indonesia)
Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar, tetapi tidak boleh menyebabkan perpecahan di antara siswa. Mereka harus tetap menjaga persatuan dan menghargai kebersamaan agar lingkungan sekolah tetap harmonis.
Kesimpulan:
Dalam kasus ini, nilai-nilai Pancasila mengajarkan bahwa kebebasan berbicara harus tetap dilakukan dengan penuh rasa hormat dan musyawarah. Dengan cara ini, siswa dapat menyampaikan pendapat mereka tanpa menimbulkan konflik dan tetap menjaga kebersamaan di sekolah
(Analisis jawaban sesuai kebijaksanaan guru)
5. Generasi muda memiliki peran penting dalam menjaga dan melestarikan budaya Indonesia di tengah arus globalisasi. Berikut adalah beberapa sikap dan perilaku yang dapat dilakukan:
1. Mempelajari dan Mengapresiasi Budaya Lokal
· Mempelajari seni tradisional seperti tari daerah, musik gamelan, angklung, atau wayang.
· Mengenal dan memahami filosofi serta makna budaya lokal.
· Menggunakan bahasa daerah dalam komunikasi sehari-hari untuk melestarikan bahasa ibu.
2. Menggunakan Produk dan Karya Lokal
· Mengenakan pakaian tradisional seperti batik, songket, atau tenun dalam berbagai acara.
· Menggunakan dan mempromosikan kuliner khas Indonesia.
· Mendukung kerajinan dan produk UMKM yang berbasis budaya lokal.
3. Mengikuti dan Berpartisipasi dalam Kegiatan Budaya
· Mengikuti festival budaya, pameran seni, dan pertunjukan tradisional.
· Bergabung dalam komunitas seni atau organisasi yang bergerak di bidang budaya.
· Mengadakan atau berpartisipasi dalam lomba seni tradisional di sekolah atau lingkungan sekitar.
4. Memanfaatkan Teknologi untuk Melestarikan Budaya
· Membuat konten kreatif seperti video, blog, atau podcast tentang budaya Indonesia.
· Mempromosikan budaya Indonesia melalui media sosial agar lebih dikenal dunia.
· Mengembangkan aplikasi atau platform digital yang mengenalkan budaya Indonesia kepada generasi muda lainnya.
5. Mencegah Pengaruh Negatif Globalisasi yang Mengikis Budaya
· Memfilter budaya asing yang masuk agar tidak menghilangkan identitas budaya bangsa.
· Tidak terpengaruh oleh gaya hidup yang bertentangan dengan nilai-nilai budaya Indonesia.
· Menjaga sopan santun dan adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari.
(sesuai kebijaksanaan guru)
Post a Comment for "SOAL DAN KUNCI PENDIDIKAN PANCASILA ASAJ SMP KURMER TAHUN 2025"