Skip to main content

ANALISA PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK MENURUT AHMAD YASIN ASYMUNI JARUNI TELAAH KITAB TARBIYATUL WALADI

 

Abstract

Problematika pendidikan anak adalah permasalahan yang terjadi ketika mendidik anak yang dilakukan oleh para pendidik, baik guru maupun orang tua. Problematika pendidikan anak yang dibahas dalam penelitian ini adalah penyimpangan anak dalam kitab tarbiyatul waladi. Kitab Tarbiyatul Waladi adalah kitab yang di dalamnya membahas tentang pendidikan anak sejak lahir sampai remaja. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana problematika pendidikan anak menurut Ahmad Yasin Asymuni dalam Kitab Tarbiyatul Waladi, 2) bagaimana solusi pendidikan islam kontemporer. 3) analisa problematikan pendidikan anak menurut ahmad yasin asymuni jaruni dalam kitab tarbiyatul waladi terhadap solusi pendidikan islam kontemporer, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan mengkaji serta menganalisis problematika pendidikan anak khususnya penyimpangan anak dalam kitab Tarbiyatul Waladi Pemikiran Ahmad Yasin Asymuni. Jenis penelitian ini adalah studi penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan hermeneutik. Data dikumpulkan melalui tehnik documenter, yaitu cara mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip-arsip, dan juga termasuk buku-buku tentang pendapat, teori, dalil, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian, dalam hal ini adalah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul yang diangkat peneliti. Hasil temuan menunjukkan bahwa pemikiran penyimpangan anak dalam Kitab Tarbiyatul Waladi yang di tulis oleh Ahmad Yasin Asymuni disebabkan oleh sebab kemiskinan, pertikaian orang tua, perceraian dan kemiskinan, teman dan lingkungan yang buruk, perlakuan buruk orang tua kepada anak, dan orang tua yang tidak mau mendidik. Rekomendasi dalam penelitian ini, hendaknya semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, baik guru, pendidik, orang tua dan masyarakat menciptakan lingkungan yang agamis, menanamkan nilai-nilai agama islam sejak dini kepada anak sebagai benteng yang mencegah anak melakukan pelanggaran atau tindakan menyimpang

untuk file lengkapnya bisa diunduh lewat link berikut

1. Cover Download

2. Abstrak Download

3. Daftar Isi Download

4. BAB 1 Download

5. BAB 2 Download

6. BAB 3 Download

7. BAB 4 Download

8. BAB 5 Download

9. Daftar Pustaka Download


Semoga Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang