Skip to main content

Jurnal Institusi Riset dan Keilmuan Islam Masa Klasik

Abstract 

Umat Islam sangat merespons perintah Rasulullah s.a.w. untuk menuntut ilmu. Sejak masa Rasulullah s.a.w. sudah tumbuh usaha-usaha pendidikan informal, yang menempatkan masjid sebagai lembaga pendidikannya. Sistem pendidikan di masjid kemudian berkembang menjadi sistem madrasah, yang dikenal sebagai lembaga pendidikan formal yang mentransfer ilmu-ilmu agama Islam, sedang ilmu-ilmu non agama ditransfer melalui jalur pendidikan informal. Pada masa Bani Abasiyah tahun 750 – 848 M, merupakan salah satu pemegang kekuasaan Islam yang para penguasanya sangat memperhatikan ilmu pengetahuan, kemudian menjadi pendorong tumbuh kembangnya pendidikan Islam. Mulai saat itu sudah tampak bahwa umat Islam sudah tidak membuat dikotomi antara ilmu agama dan non agama. Semisal, didirikannya sebuah Akademi Yundi Shapur di Persia Tenggara yang tidak saja membuat karya-karya ilmiah, filsafat dan terjemahan-terjemahan ke dalam bahasa Pahlavi, melainkan juga dalam ilmu kedokteran, matematika, astronomi, lagi pula menjadi sebuah pusat lembaga riset dan pusat pengetahuan.

Deskripsi Alternatif :

Umat Islam sangat merespons perintah Rasulullah s.a.w. untuk menuntut ilmu. Sejak masa Rasulullah s.a.w. sudah tumbuh usaha-usaha pendidikan informal, yang menempatkan masjid sebagai lembaga pendidikannya. Sistem pendidikan di masjid kemudian berkembang menjadi sistem madrasah, yang dikenal sebagai lembaga pendidikan formal yang mentransfer ilmu-ilmu agama Islam, sedang ilmu-ilmu non agama ditransfer melalui jalur pendidikan informal. Pada masa Bani Abasiyah tahun 750 – 848 M, merupakan salah satu pemegang kekuasaan Islam yang para penguasanya sangat memperhatikan ilmu pengetahuan, kemudian menjadi pendorong tumbuh kembangnya pendidikan Islam. Mulai saat itu sudah tampak bahwa umat Islam sudah tidak membuat dikotomi antara ilmu agama dan non agama. Semisal, didirikannya sebuah Akademi Yundi Shapur di Persia Tenggara yang tidak saja membuat karya-karya ilmiah, filsafat dan terjemahan-terjemahan ke dalam bahasa Pahlavi, melainkan juga dalam ilmu kedokteran, matematika, astronomi, lagi pula menjadi sebuah pusat lembaga riset dan pusat pengetahuan.

Keyword : Transfer Ilmu, Dikotomi, Riset, Terjemah, Riset Islam 

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang