Skip to main content

IMPLEMENTASI KEGIATAN RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH

A. Pendahuluan

Setiap individu dapat memningkatkan akhlak yang baik, karena Allah SWT mewajibkan setiap manusia untuk menghiasi diri dengan akhlak mulia dan menjauhi akhlak yang tercela

1. Terbentuknya akhlak tidak dapat terjadi dengan sendirinya, tetapi dibuthkan usaha pembinaaan. Pembinaan yang harus dilakukan salah satunya dengan menerapkan kebijakan-kebijakan, khususnya di lembaga pendidikan yang mendukung secara maksimal atas upaya pembinaan akhlak.

Pendidikan menyajikan program yang mudah dipahami para peserta didik dan menghayati nilai-nilai akhlak mulia yang diajarkan. Fungsi utama pendidikan Islam adalah bagaimana membentuk kepribadian peserta didik. Bahkan Inti dari pendidikan Islam sebagaimana dikemukakan oleh Muhammad ‘Athiyya al-Abrasiy adalah Akhlak

2. Pendidikan sebagai faktor eksternal terpenting dalam pembinaan akhlak, harus dapat menyajikan program yang tepat, salah satunya adalah kegiatan religus. Sebab, jika kegiatan religius ini sudah meresap ke pribadi, maka akan memiliki keimanan yang mantap, ketekunan dalam ibadah dan akhlak mulia.

3. Kenyataan di lapangan bahwa turunnya nilai moral tidak bisa dipisahkan dari faktor pendidikan akhlak baik di lembaga formal, informal maupun non formal, seperti korupsi, kekerasan, intoleransi, tawuran dan vandalisme dalam beberapa aksi demonstrasi. Kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi justru disalahgunakan untuk tindakan kriminal, seperti melalui handphone dan internet. Sepertinya peserta didik dalam menghadapi perubahan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) ini belum mempunyai kesiapan mental , masih labil dalam menghadapi kenyataan dan fenomena yang berkembang sangat cepat dan pesat. 

Untuk file lengkapnya bisa di unduh di sini

https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/download/8587/pdf

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang