Skip to main content

POLITIK PENDIDIKAN ISLAM: AMBIGUITAS TAFSIR KEBIJAKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Abstrak

Prioritas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul merupakan jawaban atas geliat perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 yang sedang booming akhir-akhir ini. Peningkatan daya saing bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan merupakan argumentasi yang logis dan filosofis, mengingat bonus demografi yang dimiliki Indonesia pada 2020 lebih dari 67% dari populasi masyarakat Indonesia berada di usia produktif. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menjadi salah satu lokomotif yang dipercaya dapat mengantarkan bonus demografi yang dimilikinya sesuai dengan Rencana Strategis yang dimilki bangsa Indonesia.

Peluang ini pun ditangkap dunia pendidikan dengan dikeluarkannya kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta kebijakan-kebijakan strategis yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Agama dalam menyongsong pesatnya perkembangan yang ada. Produk kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Agama dalam tataran hulu memiliki tujuan yang sama, namun dalam tataran hilir implementasi kebijakan di masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sangat dinamis dan kadang pula kontradiktif dengan kebijakan yang menaungi lembaga ini. Fokus riset ini membedah realitas yang kontradiktif dalam implementasi kebijakan yang berkelindan di pelbagai Perguruan Tinggi Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan riset ini menyimpulkan bahwa dinamisasi dan kontradiksi dalam implementasi kebijakan yang muncul di pelbagai PTKI disebabkan keadaan sosial, politik kampus, kultur akademik, dan leader of authority yang menahkodai suatu perguruan tinggi. Hal ini menjadi pemicu multitafsir akan suatu produk kebijakan.

selengkapnya file PDF bisa di unduh di sini

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang