Skip to main content

POLITIK PENDIDIKAN ISLAM: AMBIGUITAS TAFSIR KEBIJAKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Abstrak

Prioritas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul merupakan jawaban atas geliat perkembangan Era Revolusi Industri 4.0 yang sedang booming akhir-akhir ini. Peningkatan daya saing bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan merupakan argumentasi yang logis dan filosofis, mengingat bonus demografi yang dimiliki Indonesia pada 2020 lebih dari 67% dari populasi masyarakat Indonesia berada di usia produktif. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menjadi salah satu lokomotif yang dipercaya dapat mengantarkan bonus demografi yang dimilikinya sesuai dengan Rencana Strategis yang dimilki bangsa Indonesia.

Peluang ini pun ditangkap dunia pendidikan dengan dikeluarkannya kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta kebijakan-kebijakan strategis yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Agama dalam menyongsong pesatnya perkembangan yang ada. Produk kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Agama dalam tataran hulu memiliki tujuan yang sama, namun dalam tataran hilir implementasi kebijakan di masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) sangat dinamis dan kadang pula kontradiktif dengan kebijakan yang menaungi lembaga ini. Fokus riset ini membedah realitas yang kontradiktif dalam implementasi kebijakan yang berkelindan di pelbagai Perguruan Tinggi Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan riset ini menyimpulkan bahwa dinamisasi dan kontradiksi dalam implementasi kebijakan yang muncul di pelbagai PTKI disebabkan keadaan sosial, politik kampus, kultur akademik, dan leader of authority yang menahkodai suatu perguruan tinggi. Hal ini menjadi pemicu multitafsir akan suatu produk kebijakan.

selengkapnya file PDF bisa di unduh di sini

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j