Prinsip, Model, Pendekatan dan Teknik
Supervisi Pendidikan
Pelaksanaan supervisi pendidikan di MTs
Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati berdasarkan pengamatan panulis yaitu
menggunakan prinsip kerjasama, mengembangkan usaha kebersamaan untuk tukar
menukar pengetahuan dan pengalaman antara guru satu dengan yang lain. Biasanya
pada waktu istirahat para guru berkumpul dan berbincang-bincang mengenai
pengalaman mengajar mereka dan guru lainnya menanggapi untuk menambah wawasan.
Model yang digunakan yaitu Supervisi
Klinis, yaitu bentuk supervisi yang difokuskan pada peningkatan mengajar dengan
melalui siklus yang sistematik, dalam perencanaan, pengamatan serta analisis
yang intensif dan cermat tentang penampilan mengajar yang nyata, serta bertujuan
mengadakan perubahan dengan cara yang rasional. Di sini yang menjadi
supervisornya yaitu kepala sekolah, hal ini dilakukan dengan cara mengadakan
pelatihan-pelatihan untuk guru yang berkaitan dengan bagaimana cara mengajar
yang efektif, menyenangkan dan mudah difahami, oleh para siswa dikarenakan
sebagian besar guru yang mengajar sudah berusia tua dan banyak yang dari
pesantren.
Pendekatan Supervisi pendidikan
menggunakan pendekatan langsung (direktif), adalah cara pendekatan terhadap
masalah yang bersifat langsung. Supervisor yaitu kepala sekolah lebih bersifat
dominan dikarenakan setiap ada guru yang melakukan kesalahan atau penyimpangan
kepala sekolah akan bertindak langsung dengan memberi pengarahan dan rangsangan
agar lebih baik kedepannya. Cara lain yang digunakan dengan cara memberi contoh
dan tolok ukur serta membatassi hal yang harus dilakukan. Bahkan untuk
penguatan supervisor tidak segan-segan memberikan hukuman agar guru tersebut
tidak mengulangi perbuatannya.
Teknik supervisi adalah atat yang
digunakan oleh supervisor untuk mencapai tujuan supervisi itu sendiri yang pada
akhir dapat melakukan perbaikan pengajaran yang sesuai dengan situasi dan
kondisi. Teknik yang digunakan di MTs Salafiyah lahar yaitu teknik invidual dan
kelompok. Contoh teknik individu yang yang dilaksanakan adalah kunjungan kelas
bertujuan untuk membantu guru yang belum berpengalaman, membantu guru yang baru
pindah. Teknik selanjutnya yaitu observasi kelas, maksudnya supervisor masuk
kedalam kelas untuk memperoleh data tentang segala sesuatu yang terjadi dalam
proses belajar mengajar. Teknik indivudu selanjutnya yaitu intervisitasi, yaitu
mengunjungi sekolahan lain, ini dilakukan karena Mts Salafiyah Lahar termasuk
sekolah yang kurang maju, beberapa guru ditugaskan untuk berkunjung ke sekolah
yang lebih maju untuk mengetahui dan mempelajari kiat-kiat dan bagaimana cara
memajukan suatu lembaga sekolah.
Teknik kelompok yang digunakan meliputi
rapat guru yang dilaksanakan setiap sebulan sekali bertujuan untuk memperbaiki
kualitas personal dan membahas program sekolah kedepannya, kepala sekolah
menjadi pemimpin langsung sekaligus supervisor dalam rapat guru ini. Workshop
atau loka karya biasanya dilaksanakan setiap setahun sekali dengan mendatangkan
ahli-ahli pendidikan untuk mendiskusikan masalah-masalah pendidikan. Ketika itu
guru-guru dapat mengambil kesimpulan dari apa yang dibicarakan. Teknik ini adalah
usaha untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan bekerja sama baik mengenai
masalah-masalah teoritis maupun prakltis dengan maksud untuk meningkatkan
kualitas hidup secara umum dan kualitas profesional secara khususnya.
Mengikuti organisasi profesi,
organisasi yang diikuti adalah organisasi guru tingkat Kecamatan dan tingkat
Kabupaten sesuai dengan mata pelajaran, digunakan oleh para guru untuk membahas
tentang mata pelajaran mulai dari soal-soal, RPP dan lain sebagainya. Lembaga
lainnya yaitu PGRI. PGRI adalah lembaga profesi yang melindungi guru secara
lembaga dalam segala sesuatu yang akan merusak citra guru baik dari dalam
maupun dari luar anggotanya. Lembaga ini sekaligus memperjuangkan hak dan kewajibannya
secara hukum kepada semua pihak yang langsung atau tidak langsung berhubungan
dengan guru. Hal ini penting untuk menjaga agar guru tidak terganggu pekerjaan
pokoknya sehar-hari.
Comments
Post a Comment