Skip to main content

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DALAM MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI MTS HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran fiqih kelas VII untuk meningkatkan pemahaman siswa di MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada natural selling (kondisi yang alamiah), tehnik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipasi pasive (passive participant), wawancara mendalam, (in dept interview), dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data dengan model perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dalam penelitian, triangulasi. Aktifitas dalam analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru mapel fiqih dan siswa siswi kelas VII Mts Hasyim Asy’ari bangsri jepara. Sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui wawancara di Mts Hasyim Asy’ari bangsri jepara. Hasil yang telah diperoleh setelah mengadakan penelitian, setelah menggunan media pembelajaran berbasis android terdapat peningkatan pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Peningkatan tersebut terihat ketika anak-anak disuruh mempraktekkan materi shalat jama’ qasar mereka bisa mempraktekkan dengan benar dan lanyah.

untuk lebih lengkapnya silahkan download file dibawah ini

=======================

DOWNLOAD

=======================

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang