Skip to main content

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran Group to Group Exchange di MA Hasan Kafrawi. (2) Untuk mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik. (3) Untuk mengetahui seberapa besar strategi pembelajaran Group to Group Exchange mempengaruhi kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan Pendekatan penelitian kuantitatif, sumber data primer dan skunder. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dengan menggunakan angket yang menjadi responden adalah peserta didik kelas XI sebanyak 55 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pembelajaran Group to Group Exchange memiliki rata-rata sebesar 38,38 yang termasuk kedalam interval 34-41dengan kategori baik. (2) Kecerdasan interpersonal peserta didik memiliki rata-rata sebesar 45,13 yang termasuk kedalam interval 38-46 dengan kategori baik. (3) Strategi pembelajaran Group to Group Exchange berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik. Hal ini diketahui bahwa rhitung sebesar 0,454 > rtabel sebesar 0,266, menyumbang = 20,61% dan sisanya yaitu 79,39% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan persamaan regresi = Y = 22,637 + 0,586 X dan thitung = 3,709. Kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan signifikansi 5% diperoleh sebesar 1,674 sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,709> 1,674 ). Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti signifikan.

Untuk file lengkapnya bisa diunduh lewat link berikut:

==================================

DOWNLOAD

==================================

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang