Skip to main content

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran Group to Group Exchange di MA Hasan Kafrawi. (2) Untuk mengetahui kecerdasan interpersonal peserta didik. (3) Untuk mengetahui seberapa besar strategi pembelajaran Group to Group Exchange mempengaruhi kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MA Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan Pendekatan penelitian kuantitatif, sumber data primer dan skunder. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dengan menggunakan angket yang menjadi responden adalah peserta didik kelas XI sebanyak 55 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Strategi pembelajaran Group to Group Exchange memiliki rata-rata sebesar 38,38 yang termasuk kedalam interval 34-41dengan kategori baik. (2) Kecerdasan interpersonal peserta didik memiliki rata-rata sebesar 45,13 yang termasuk kedalam interval 38-46 dengan kategori baik. (3) Strategi pembelajaran Group to Group Exchange berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik. Hal ini diketahui bahwa rhitung sebesar 0,454 > rtabel sebesar 0,266, menyumbang = 20,61% dan sisanya yaitu 79,39% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan persamaan regresi = Y = 22,637 + 0,586 X dan thitung = 3,709. Kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan signifikansi 5% diperoleh sebesar 1,674 sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,709> 1,674 ). Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti signifikan.

Untuk file lengkapnya bisa diunduh lewat link berikut:

==================================

DOWNLOAD

==================================

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang