Skip to main content

STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

 

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru harus mampu menggunakan bahan ajar yang tepat agar peserta didik menjadi lebih aktif dan mampu memahami materi yang diajarkan. Pengembangan bahan ajar begitu penting karena mampu meningkatkan respon peserta didik. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak guru telah mampu mengembangkan bahan ajar meskipun belum di semua materi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengembangan bahan ajar yang diterapkan di MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk kelas XI. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan bahan ajar di MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk kelas XI. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran Aqidah Akhlak, waka kurikulum, dan peserta didik kelas XI. Adapun lokasi penelitian berada di MA Tarbiyatul Banin Winong Pati. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Guru pengampu Aqidah Akhlak di MA Tarbiyatul Banin telah mampu mengembangkan bahan ajar tetapi belum di semua bab. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan bahan ajar di MA Tarbiyatul Banin Tahun Ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk kelas XI yaitu dilihat dari faktor pendukung mulai dari sarana-prasarana, adanya minat guru untuk meningkatkan kompetensinya serta respon positif dari peserta didik. Adapun faktor penghambat adalah semangat guru yang kadang turun, peserta didik yang berasal dari sekolah negeri dan pengiriman buku yang kadang terlambat.

untuk file lengkapnya bisa diunduh lewat link GDrive berikut ini:

==================================

DOWNLOAD

==================================

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang