Skip to main content

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui seberapa tinggi pemahaman siswa tanpa adanya penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 2) mengetahui seberapa tinggi pemahaman siswa dengan adanya penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 3) mengetahui efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dan penelitian kontrol di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara pada ruang lingkup kelas VIII.populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Tektik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif yaitu dengan menggunakan uji T test 2 sampel dan uji N-gain. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) pemahaman siswa pada kelas VIII E tanpa adanya penerapan model pembelajran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara tergolong dalam kategori cukup, hal ini berdasarkan nilai rata-rata nilai pre-test kelas kontrol sebesar 65,68 dan kelas eksperimen sebesar 66,71. 2) Pemahaman siswa pada kelas VIII B dengan adanya penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara tergolong dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 80,82 dan kelas kontrol sebesar 75,47. 3) model pembelajaran tutor sebaya Efektif salam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di Mts NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan N-gain yang menunjukkan hasil sebesar 0,424 pada kelas eksperimen dengan kriteria penafsiran Sedang (0,424 > 0,3) dan nilai N-gain sebesar 0,285 pada kelas kontrol dengan kriteria penafsiran rendah (0,285 < 0,3).

=====================================

DOWNLOAD

=====================================

Comments

Popular posts from this blog

EFEKTIVITAS METODE EKSPLORASI MASALAH MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran eksplorasi masalah matematis (EMM) lebih efektif daripada metode pembelajaran demonstrasi dalam pengajaran matematika khususnya bentuk soal cerita pada siswa kelas IV di SD IT Al Anwar Mayong Jepara tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian eksperimen murni (true experimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD IT Al Anwar Mayong Jepara berjumlah 67 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan sampelnya adalah Probability sampling dengan jenis rondom sampling. Selanjutnya dengan taraf kesalahan pengambilan sempel 1% didapatkan 63 sampel. Dimana, hasilnya kelas IV Ar rohim dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas Ar rahman sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakuk

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA

  Abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Model pembelajaran student facilitator and explaining pada mat a pelajaran pendidikan agama Islam materi mernahami tatacara sholat jumat di SMP Negeri 5 Blora. 2) Peningkatan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sho1at jumat di SMP Negeri 5 Blora. 3) Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Memahami Tatacara Sholat Jum'at di SMP Negeri 5 Blora Metode penelitian yang digunakan dalam peneIitian ini adalah yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui wawancara terhadap instansi yang terkait yaitu srvw Negeri 5 Blora, mengenai implementasi model pembelajaran student facilitator and explaining untuk meningkatkan kemampu.an psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi memahami tatacara sholat j

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang