Skip to main content

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui seberapa tinggi pemahaman siswa tanpa adanya penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 2) mengetahui seberapa tinggi pemahaman siswa dengan adanya penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. 3) mengetahui efektivitas model pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dan penelitian kontrol di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara pada ruang lingkup kelas VIII.populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Tektik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif yaitu dengan menggunakan uji T test 2 sampel dan uji N-gain. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) pemahaman siswa pada kelas VIII E tanpa adanya penerapan model pembelajran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara tergolong dalam kategori cukup, hal ini berdasarkan nilai rata-rata nilai pre-test kelas kontrol sebesar 65,68 dan kelas eksperimen sebesar 66,71. 2) Pemahaman siswa pada kelas VIII B dengan adanya penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran SKI di MTs NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara tergolong dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 80,82 dan kelas kontrol sebesar 75,47. 3) model pembelajaran tutor sebaya Efektif salam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di Mts NU Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan N-gain yang menunjukkan hasil sebesar 0,424 pada kelas eksperimen dengan kriteria penafsiran Sedang (0,424 > 0,3) dan nilai N-gain sebesar 0,285 pada kelas kontrol dengan kriteria penafsiran rendah (0,285 < 0,3).

=====================================

DOWNLOAD

=====================================

Comments

Popular posts from this blog

STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL NAHWU SHOROF

  Abstract Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui Kurikulum Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Mengetahui Metode Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Mengetahui Media Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 (4) mengetahui Evaluasi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Muatan Lokal Nahwu Shorof Kelas VIII Di Mts Mifatahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019 Penyusunan skripsi ini merupakan penelitian yang terjun langsung di lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang dilakukan meng

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK

Abstract Metode pembelajaran dalam kaitannya dengan proses pembelajaran harus tepat sasaran mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui metode student student team-achievement divisions (STAD), cooperative script, dan keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (2) untuk mengetahui pengaruh metode student team-achievement divisions (STAD) terhadap keterampilan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (3) untuk mengetahui pengaruh metode cooperative script terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan (4) untuk mengetahui pengaruh student team-achievement divisions (STAD) dan cooperative script secara simultan terhadap keterampilan psikomotorik peserta didikpada mata pelajaran Al-qur'an hadist di MTs N Jeketro Gubug Grobogan. Jenis penelitian ini adalah peneliti

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan Realistic Mathematics Education dan kemampuan berfikir kritis (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis (3) Untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas V. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan sesuai jenis penelitian, maka ini adalah penelitian korelasi. Disini peneliti mengambil lokasi di MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis deskriptif dan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang didapatkan di antaranya yaitu (1) Pendekatan Realistic Mathematics Education sangat efektif karena hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai taraf signifikansi pendekatan Realistic Mathematics Education lebih besar dari nilai taraf signifikansi yang