ANALISIS SWOT
Pelaksanaan
Pendidikan Agama Islam
Di SMP N 2 Tlogowungu
Kabupaten Pati
I.
Identifikasi Kondisi Saat ini
1.
Kependudukan
SMP N 2 Tlogowungu terletak didesa Lahar yang secara geografis merupakan
wilayah dataran tinggi. Desa Lahar termasuk Desa yang luas karena terdiri dari
delapan perdukuhan dan mayoritas penduduk Desa Lahar adalah sebagai petani,
buruh tani, perantau serta pedagang karena di Desa Lahar sendiri terdapat
sebuah pasar. Pengaruh perkembangan globalisasi dan pertumbuha penduduk cukup
tinggi, sedangkan populasi usia sekolahpun cukup banayk karena masyarakat Lahar
termasuk masyarakat yang cukup sadar akan sebuah pendidikan yang nantinya akan
digunakan mereka untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak.
2.
Ekonomi
Dari segi ekonomi, Masyarakat Lahar termasuk cukup baik terutama adanya
sebuah Pasar sangat membantu dalam perkembangna ekonomi. Hal ini yang termasuk
menjadikan populasi usia sekolah cukup tinggi. Para orang tua banyak yang
melanjutkan pendidikan anaknya sampai Perguruan Tinggi.
3.
Kebijakan
Walaupun Sekolah umum, tapi pemerintah telah memberi kebijakan dengan
memasukkan nilai-nilai atau Pendidikan Agama, yaitu dalam mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam yang Kurikulumnya dapat dikembangkan sendiri oleh
sekolah tersebut. Hal ini dilakukan agar anak yang sekolah di Sekolahan Umum
juga memiliki pengetahuan Agama yang cukup sebagai bekal mereka dalam
mengarungi kehidupan sebagaimana anak-anak yang sekolah dimasyarakat.
4.
Kependidikan
Di Desa Lahar terdapat jenjang dan jenis pendidikan yang beragam dari mulai
TK, SD, SMP serta Madrasah dari MI, MTs dan MA. Masing-masing jenjang dan jenis
pendidikan tersebut sangat memerlukan personel atau pengelola pendidikan yang
mampu mewujudkan Visi dan Misi mereka masing-masing, terutama tenaga pendidik,
sarana prasarana, kurikulum dan manajemen pendidikan yang bagus merupakan
persoalan penting yang perlu diperhatikan dalam sebuah sekolah agar dapat
menghasilkan yang sesuai harapan pula.
5.
Ketenagakerjaan
Walaupun kondisi masyarakat yang mayoritas sebagai petani, buruh tani dan
pedagang, namun lulusan-lulusan SMP diharapkan dapat melanjutkan pendidikan
kejenjang berikutnya, agar terdapat jumlah tenaga kerja yang banyak dan mampu
atau telah siap dalam berbagai jenis pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan
bidang mereka masing-masing.
6.
Nilai dan Sosial Budaya
Islam adalah Agama yang dipeluk oleh masyarakat Lahar yaitu dengan Aliran
Ahli Sunnah Wal Jama’ah. Adat istiadat yang berlaku tidak bertentangan dengan
ajaran agama Islam. SMP N 2 Tlogowungu adalah salah satu sekolah yang
didalamnya juga terdapat penamaan nilai-nilai ajaran Islam kepada para
siswanya.
Kehidupan sosial pada masyarakat Lahar masih tergolong tinggi karena
masyarakat Lahar termasuk Masyarakat pedesaan.
Salah satu kebudayaan yang masih ada dimasyarakat Lahar adalah sedekah
bumi, yaitu suatu kebudayaan yang ada dimasyarakat jawa pada umumnya, merupakan
ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, atas diberikannya hasil-hasil bumi.
Kebudayan ini dibarengi dengan pertunjukan-pertunjukan kebudayaan Jawa seperti
Ketoprak, Wayang dan lain sebagainya.
II.
Analisis SWOT SMP N 2 Tlogowungu
A.
Faktor Internal
NO
|
ASPEK
|
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
1
|
Standar Isi
|
-
Pelaksanaan kerikulum sebagian besar sudah
berdasarkan muatan KTSP
-
Memiliki beberapa mata pelajaran muatan lokal
-
Memiliki program pengembangan diri dalam bentuk
kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan konseling
-
Komponen kalender akademik yang lengkap
|
-
Karena sekolah umum, muatan lokal hanya sedikit
yaitu dua mata pelajaran, Yaitu bahasa jawa dan bola volley
-
Sebagian mata pelajaran belum menggunakan
silabus yang telah disusun oleh guru.
|
2
|
Standar Proses
|
-
Untuk mendapat hasil pembelajaran yang baik,
telah dilakukan pemantauan, supervisi dan evaluasi terhadap proses
pembelajaran
-
Semua mata pelajaran telah memiliki RPP yang
telah disiapkan oleh guru mata pelajaran dan telah memenuhi prinsip-prinsip
penyusunan RPP
-
KBM berjalan dengan lancar karena telah disusun
langkah-langkah pembelajaran dan persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran
|
-
Belum memiliki media pembelajaran yang cukup
-
Masih ada guru yang belum mengikuti
langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun
|
3
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
-
Uapaya meningkatkan kualitas lulusan dengan
bermacam-macam kegiatan diberbagai bidang yang harus diikuti siswa
-
Menentukan KKM tinggi pada kelompok mata
pelajaran iptek agar menghasilkan lulusan yang mampu bersaing diera global
-
Melakukan pembelajaran yang dapat melibatkan
partisipasi siswa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
secara demokratis dalam wadah NKRI. Contoh: upacara Hari Besar, PMR, Pramuka,
penyaluran Zakat dan lain sebagainya
|
-
Belum semua lulusan mampu mengamalkan ilmu yang
didapat dalam kehidupan sehari-hari
-
Karena sekolah tingkat SMP, maka belum adanya
program untuk mencetak lulusan yang ahli dibidangnya
|
NO
|
ASPEK
|
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
4
|
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
-
Sebagian besar guru sudah berkualifikasi S1,
bahkan sudah ada yang menyelesaikan S2 nya, dan telah bersertifikasi
-
Mengampu mata pelajaran yang sesuai latar
belakang pendidikan (sesuai bidangnya)
-
Kepal sekolah telah memiliki kualifikasi dan
kemampuan manajerial yang baik
-
Memiliki petugas layanan khusus seperti penjaga
sekokah, tukang kebun dan tenaga kebersihan
|
-
Keberadaan tenaga kependidikan seperti tenaga
administrasi, perpustakaan dan laboratorium belum semuanya memiliki
kulifikasi akademik dan latar belakang pendidkan yang sesuai
|
5
|
Standar Sarana Dan Prasarana
|
-
Lokasi sekolah cukup strategis dan mempunyai
luas lahan yang cukup
-
Memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap
dan dalam kondisi yang baik
-
Adanya tenaga inventarisir, sehingga
barabg-barang yang dimiliki sekolah terawat dengna baik
|
-
Kurang adanya kesadaran yang penuh baik dari siswa
maupun guru dalam menjaga dan merawat barang-barang sekolah
-
Komite kurang berpartisipasi dalam pengadaan
sarana dan prasarana sekolah
|
6
|
Standar Pengelolaan
|
-
Sekolah telah memiliki visi, misi dan tujuan
yang jelas
-
Skolah telah memiliki dokumen aspek pengelolaan
pendidikan dengan lengkap
-
Tugas pokok dan fungsi guru, staf dan karyawan
telah dicantumkan dengan jelas
-
Dilakukan pengelolaan terhadap sarpras
pembelajaran serta keuangan dan pembiayaan pendidikan dengan program-program
yang telah ditentukan
|
-
Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan
tenaga kependidikan kurang optimal
-
Belum optimalnya program pengawasan kepada
pendidik dan tenaga kependidikan
|
7
|
Standar Pembiayaan
|
-
Selain dari anggaran pemerintah, pendapatan
sekolah juga berasal dari sumbangan orang tua siswa
-
Sekolah memberikan biaya subsidi meliputi:
pengurangan dan pembebasan biaya pendidikan, pemberian beasiswa maupun bnetuk
bantuan lainnya kepada siswa-siswa tertentu
-
Memiliki pedoman pengelolaan keuangan dan
melaksanakan pembukuan, serta membuat laporan pertanggung jawabannya
|
-
Dana dari orang tua siswa mengalami kesulitan
karena sebagian besar bekerja sebagai petani
-
Sekolah tidak memilki donasi atau sumber
pendapatan lainnya
|
8
|
Standar Penilaian
|
-
Setiap guru mata pelajaran memberikan sosialisasi
rancangan dan kriteria penilaian
-
Laporan hasil penilaian setiap akhir semester
dengan kegiatan mengundang wali murid dan membagikan buku raport
-
Selalu diadakan rapat mengenai penilaian
terhadap siswa seperti penentuan kriteria kenaikan kelas, penentuan nilai
akhir kelompok mata pelajaran dan penentuan kelulusan siswa
|
-
Belum adanya sistem atau prosedur penilaian yang
baku
-
Instrumen dan pedoman penilaian yang telah
dibuat masih ada yang belum sesuai dengan mata pelajaran
|
B.
Faktor Eksternal
1.
Peluang
a.
Lulusan dari SMP N 2 Tlogowungu memiliki
kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya seperti SMA, SMK dan yang
sederajat lainnya.
b.
Adanya kebijakan-kebijakan dari pemerintah seperti
adanya dana BOS yang dapat meringankan para orang tua dalam pembiayaan sekolah
anaknya.
c.
Di kecamatan Tlogowungu hanya ada dua SMP N, SMP N
! berada di daerah Tlogowungu, sedangkan SMP N 2 berada di Desa Lahar Kecamatan
Tlogowungu Kabupaten Pati.
2.
Ancaman
a.
SMP N 2 Tlogowungu masih sulit bersaing dalam
mendapat siswa baru karena banyaknya sekolah di daerah sekitar.
b.
Selain di Sekolah, anak kurang mendapat perhatian
terutama dari orang tua.
c.
Semakin pesatnya perkembangan teknologi, banyak
anak yang terkena dampak negatifnya sehingga dapat mengganggu konsentrasi
belajar.
d.
Situasi lingkungan di luar sekolah kurang
mendukung proses pembelajaran.
III.
Tonggak-tonggak Keberhasilan
1.
Hasil UN memuaskan dengan 100% Prosentase
kelulusan.
2.
Diantara lulusan dari SMP N 2 Tlogowungu telah
banyak yang berhasil dalam karirnya, seperti Polisi, Tentara, Guru, Wiraswasta
dan lain sebagainya.
3.
Meningkatkan nilai keagamaan siswa dengan cara
berdo’a sebelum mulai pembelajaran.
4.
Meningkatkan nilai kesopanan anak dengan cara
bersalaman dengan Guru ketika masuk dan keluar kelas.
Dilakukannya kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pada
bulan Ramadhan dan peringatan hari-hari besar keagamaan yang dimaksudkan untuk
mempertebal keimanan siswa.
Comments
Post a Comment